Thursday, January 21, 2021

Markus 3, Amsal 3

Markus 3

Scripture
Markus 3:4 (TB)  Kemudian kata-Nya kepada mereka: "Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membunuh orang?" Tetapi mereka itu diam saja. 

Observation
Orang Farisi dibutakan dengan apa yang boleh dan tidak boleh sampai-sampai gak bisa bersukacita saat melihat Yesus melakukan perbuatan baik.  Mereka hanya memikirkan cara untuk menjatuhkan Yesus. Kebencian membuat mereka tidak bisa mengasihi. Jangan sampai ketidaksukaanku kepada seseorang membuatku tidak bisa mengasihi dan berbuat baik. 

Aplication 
Aku mengenal seseorang yang toxic banget, sampai-sampai banyak orang lain yang tidak menyukai dia dan gak mau mendekat. Aku mau gak mau memang sesekali harus tetap berhubungan dengan orang tersebut. Aku mau tetap memperlakukan orang tersebut dengan lembut. Aku mau belajar bermurah hati dan melakukan kebaikan. 

Prayer 
Tuhan, mampukan aku untuk tetap bermurah hati dan berbuat baik meskipun sulit. Amin.

Amsal 3

Scripture
Amsal 3:3 (TB)  Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu,

Observation
Terkadang demi kesehatan mental, aku merasa harus menjauhi toxic people. Tapi dua bacaan hari ini mengingatkan supaya aku tetap mengasihi apapun yang dilakukan orang kepadaku. Tetap berbuat baik, tetap berkata dengan lembut, berduka atas dosa yang mereka perbuat, bersukacita saat mereka menerima hal baik dan melakukan yang baik. Diingatkan lagi, kasih menutupi segala dosa. Kalau aku mengasihi maka aku terhindar dari berbuat dosa. Kasih tidak pernah gagal, yang ada aku yang sering gagal mengasihi. 

Aplication
Aku mau berlaku sama kepada semua orang, tetap menunjukkan kasih Kristus.

Prayer
Tuhan, tolong aku, mampukan aku mengasihi sekalipun aku bertemu orang-orang yang sulit dikasihi. Amin.
Gratitude Journal 
16 Januari 2021 

1. Bersyukur ada teman yang membantu urusan minta tanda tangan Kepala.
2. Bersyukur bisa berobat di RSUD Doris, meskipun lama sekali mengantri.
3. Bersyukur sama suami bisa sepakat untuk satu hal.
4. Bersyukur mertuaku yang sakit mau ke RS, semoga gak berubah pikiran lagi.
5. Bersyukur selama aku di RS hari ini, suami mencuci pakaian kami.
6. Bersyukur kabel chargerku yang mau putus diperbaiki suami.
7. Bersyukur suami berpikiran logis menghadapi permasalahan yang ada saat ini.

Palangka Raya, 16 Januari 2021
-Mega Menulis-

No comments: