Friday, March 1, 2019

Mazmur 60, Amsal 1

Amsal 1

Scripture      
Amsal 1:32 (TB)  Sebab orang yang tak berpengalaman akan dibunuh oleh keengganannya, dan orang bebal akan dibinasakan oleh kelalaiannya.

Observation
Orang tak berpengalaman akan dibunuh oleh keengganannya.
Kenapa orang bisa gak berpengalaman?
ENGGAN/GAK MAU  mencoba
ENGGAN/GAK MAU belajar
ENGGAN/GAK MAU berlatih
Gimana mau punya yang pengalaman kalau gak mau mencoba sama sekali dengan berbagai alasan (takut salah, takut gagal, takut gak bisa). Terus, saat sekali gagal bukan berarti selamanya gagal. Sekalingagal berarti harus belajar dari kesalahan dan mencoba sampai berhasil. Kalau gak mau move on dari pengalaman gagal, gimana bisa berhasil?
Di kantor, ada beberapa teman yang kesal dengan seseorang kawan yang gak mau mengerjakan aplikasi (padahal dia yang terima honornya) padahal sudah ikut pelatihan di Bogor, sudah diajarin, sudah ditraining (gak langsung kerjakan semua, tapi beberapa dulu), eh... Gak dikerjain dengan alasan takut salah. Bikin rusak kerja tim dan banyak yang mangkel sama dia.


Aplication
✔️ Terkadang aku malas belajar hal baru. Aku gak boleh gitu, saat gak tahu, nanya! Saat salah, minta maaf, cari tahu bagaimana yang benar. Jangan berhenti belajar Meg! Nanti kamu dibunuh keenggananmu.

Prayer
Tuhan, ampuni kemalasanku sekarang mempelajari hal yang baru. Aku gak mau bermalas-malasan dan dibunuh keengganku, aku gak mau menjadi saudara si perusak. Tolong aku supaya gak puas dengan keadaan sekarang, tapi belajar seumur hidup. Amin.

Mazmur 60

Scripture      
Mazmur 60:12 (TB)  (60-14) Dengan Allah akan kita lakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa, sebab Ia sendiri akan menginjak-injak para lawan kita.

Observation
Penyataan iman Daud yang luar biasa bahwa DENGAN ALLAH, dia akan melakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa,karena Tuhan sendiri yang akan menginjak lawan-lawannya.
Beranikah aku  menyatakan pernyataan iman seperti itu? Bahwa bersama Allah aku akan melakukan berbagai perbuatan gagah perkasa? Sementara kadang aku merasa terintimidasi. Jangankan itu, bagi waktu aja aku masih keteteran. Tapiiii.... Kalimat DENGAN ALLAH mengingatkanku:tidak ada yang tidak bisa aku lakukan selama Allah besertaku.
Pertanyaannya menjadi:
Sudahkah aku sungguh bersama Allah dan melibatkan Dia dalam pekerjaanku?
Atau aku berjalan sendiri?

Aplication
✔️  Karena Allah selalu besertaku berarti aku harus menggunakan waktuku sebaik mungkin:buat skala prioritas, jangan menunda pekerjaan, fokus mengerjakan satu hal sampai selesai sebelum mengambil tanggung jawab lain.

Prayer
Tuhan, aku merasa gak bisa handle banyak hal dan kadang ingin menyerah. Tapi hari ini  Tuhan ingatkan kalau denganMu aku sanggup melakukan segala perkara. Amin.

Palangka Raya, 1 Maret 2019
-Mega Menulis-

No comments: