Friday, June 26, 2020

Amsal 24

Amsal 24

Scripture
Amsal 24:29 (TB)  Janganlah berkata: "Sebagaimana ia memperlakukan aku, demikian kuperlakukan dia. Aku membalas orang menurut perbuatannya." 

Observation & Aplication 
"Kalau orang jahat sama aku, aku bisa lebih jahat. Kalau orang baik sama aku, aku juga bisa lebih baik lagi." Aku sering mendengar orang lain mengatakan kalimat tersebut. Banyak sekali orang seperti ini di dalam hidup. Tuhan gak mau aku sama dengan dunia. Aku harus berbeda, berbeda dalam hal apa? Kasih. Di saat orang lain mendendam dan berbuat buruk karena disakiti, Tuhan ingin aku mengambil jalan ninja. Mengampuni. Mengasihi. 

Paling sulit saat ini mengampuni orang terdekat yang berbuat kesalahan. Apalagi kalau kesalahan yang sama diulang. Saat berpikir mau balas dengan menyakiti. Aku harus ganti pikiran itu dengan melakukan sesuatu:
- Komunikasikan kalau yang dilakukan menyakiti. Bisa jadi orang itu tidak tahu kalau yang dilakukannya menyakiti. 
- Kalau sudah tahu dan masih diulangi, bisa saja sudah berusaha berubah tapi tidak sengaja dilakukan (susah lo menghilangkan kebiasaan buruk). 
- Gak mengingat-ingat kesalahan orang lain dan mengungkitnya dengan tujuan menyakiti. 
- Mengasihi dengan tetap berbuat baik ke orang tersebut. 

Prayer
Tuhan, tolong aku mengasihi sekalipun disakiti. Mampukan aku mengingat kasihMu saat aku sulit mengasihi. Amin.
Gratitude Journal 
24 Juni 2020 

1. Bersyukur pagi ini gak perlu banyak masak, tinggal masak sayur dan panasin lauk.
2. Banyak banget kerjaan hari ini di kantor, bersyukur bisa diselesaikan.
3. Bersyukur siang bisa makan bakso.
4. Bersyukur hari ini honor PPSPM keluar.
5. Bersyukur sore bisa jalan bareng keluarga dan pulangnya gak kehujanan.
6. Bersyukur dapat seragam batik dari kantor. 
7. Bersyukur hari ini sempat mencuci pakaian.

Palangka Raya, 24 Juni 2020
-Mega Menulis-

No comments: