Saturday, June 6, 2020

Yakobus 1

Yakobus 1:19-27

Scripture
Yakobus 1:19 (TB)  Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;

Observation
Kalau aku bercermin dengan firman di atas sekarang maka hasilnya adalah :
Cepat mendengar ❎
Lambat berkata-kata ❎
Lambat untuk marah ✅
Ya, aku masih punya PR untuk lebih cepat mendengar dibandingkan berkata-kata. Seringkali aku gak fokus sama orang yang berbicara denganku karena aku punya kegiatan sendiri. Misalkan aku sedang ngapain terus diajak ngobrol sama suami, nah itu seringnya aku lambat mendengar alias gak nangkap maksud suami. Ceritanya sok multi tasking, berasa bisa mengerjakan pekerjaanku dan mendengarkan berbarengan padahal aslinya dalam satu waktu manusia hanya bisa mengerjakan satu pekerjaan, one thing at time. Akibat gak cepat mendengar aku jadi cepat berkata-kata karena merasa perlu menanggapi, tapi salah kan jadinya, wong yang didengar apa yang dijawab apa. Lebih baik aku lambat menjawab dan bertanya kalau aku gak jelas, karena ini berarti aku berusaha mengerti lawan bicaraku. 

Aplication
Saat bicara dengan orang lain, aku gak boleh sambil mengerjakan hal lain. 

Prayer
Tuhan, tolong aku hari ini untuk fokus pada lawan bicaraku supaya aku belajar mendengar dan berkata-kata lebih baik lagi. Amin.
Gratitude Journal 
2 Juni 2020 

1. Bersyukur hari ini gak perlu ke pasar karena masih ada lauk di freezer dan Pa Sara pagi-pagi belanja tempebdi warung dekat rumah. 
2. Bersyukur Sofia sekarang teratur banget minta makan, setiap jam makan bisa minta sendiri makan nasi. 
3. Bersyukur pagi-pagi bisa ngobrol santai bareng suami tanpa bocah, cerita-cerita masa lalu dan bagaimana mengatur keuangan di keluarganya dan di keluargaku. Cara ortu membelanjakan uang, menyimpan uang, memberi, dll. Ternyata itu pengaruh ke kami anak-anaknya. 
4. Bersyukur bisa jalan-jalan ke Hypermart dan sepi banget, gula dan hand sanitizer dijual lumayan murah.

Palangka Raya, 2 Juni 2020
-Mega Menulis-

No comments: