Monday, June 21, 2021

Roma 12, Amsal 25

Roma 12

Scripture
Roma 12:18 (TB)  Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang! 

Observation & Aplication 
Buat apa sih aku berkata manis ke orang ini, toh dia kelakuannya seperti itu. Buat apa berlaku hormat ke orang yang gak menghormati orang lain?Kadang aku berpikir seperti itu. Tapi firman Tuhan mengajakku untuk hidup dalam perdamaian dengan semua orang. Bukan karena orang lain baik ke aku, lalu aku jadi baik. Tapi karena Tuhan ingin aku hidup dalam perdamaian dengan semua orang. Caranya? Mengusahakan hidup damai dengan semua orang seperti semuanya bergantung padaku. Sikap dan kata-kataku harus menjadi berkat.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya setiap sikap dan perilakuku membawa kedamaian bagi sekelilingku. Amin.

Amsal 25

Scripture
Amsal 25:15 (TB)  Dengan kesabaran seorang penguasa dapat diyakinkan dan lidah lembut mematahkan tulang. 

Observation 
Aku diingatkan punya lidah yang lembut ke anak-anak, terkadang waktu gemas, aku gak bisa bersabar. Padahal anak-anak butuh bantuanku. Aku harus tenang dan bisa mengendalikan diriku. 

Aplication 
Tetap berkata lembut, gunakan nada rendah dan tenang. Anak bisa merasakan kalau emosi kita naik. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku mengendalikan lidahku selalu. Amin.
Gratitude Journal
17 Juni 2021 

1. Bersyukur dapat donat dari temanku.
2. Bersyukur ada acara di kantor dan pulang bawa nasi kotak.
3. Bersyukur ternyata anak-anakku suka makan cempedak. 
4. Bersyukur tanggal kegiatan untuk rapat persiapan P4GN sudah fix. 
5. Bersyukur proposal dan surat izin penelitian LIPI sudah keluar. 
6. Bersyukur bisa main tempel stiker dengan anak-anak.

Palangka Raya, 17 Juni 2021
-Mega Menulis-

No comments: