Monday, June 21, 2021

Roma 13, Amsal 25

Roma 13

Scripture
Roma 13:12 (TB)  Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang!

Observation
Dosa biasanya dilakukan dalam gelap alias diam-diam, jauh dari orang dan berusaha kita sembunyikan. Kenapa? Karena secara alami kita tahu kalau dosa adalah hal yang menjijikkan dan memalukan sehingga dilakukan secara rahasia. 

Kita tidak nyaman saat orang tahu perbuatan dosa yang telah kita lakukan. Jadi supaya dosa gak berkuasa lagi atasku, aku harus menelanjangi dosaku, daripada menyembunyikannya, aku harus membawanya ke dalam terang Allah. Ini nantinya akan membebaskanku. Bawa hadirat Tuhan ke mana pun. Sadari dan ingat Tuhan hadir di setiap saat hidupku. Masa aku masih mau berbuat dosa saat sadar Tuhan di sampingku? 

Aplication 
Buat tulisan sebagai pengingat di manapun aku berada untuk mengingatkan Tuhan ada dan dekat. 

Prayer 
Tuhan, jangan biarkan aku melupakan kalau Tuhan selalu ada di dekatku. Buat aku menyadari kehadiranMu ya Tuhan. Amin.

Amsal 25

Scripture
Amsal 25:21 (TB)  Jikalau seterumu lapar, berilah dia makan roti, dan jikalau ia dahaga, berilah dia minum air. 

Observation & Aplication 
Tuhan ingin aku berbuat baik kepada siapapun, bahkan kepada mereka yang berseteru kepada kita. Ini kejadian nyata, aku merasakan sendiri. Saat sebal dengan suami, memasak masakan kesukaan suami aku ogah lo. Boro-boro itu, menawari makan aja aku malas 🤣 Ya tetap masak sih, tapi mau makan pun gak nawarin. Lucu memang, tapi kadang itu terjadi. Aku diingatkan lewat ayat ini, untuk tetap berbuat baik meskipun kesal sama suami.

Prayer 
Tuhan, aku mau berbuat baik ke suami meskipun kesal. Mampukan aku ya Tuhan, dan jangan biarkan aku tinggal berlama-lama dalam rasa kesal. Amin.
Gratitude Journal
18 Juni 2021 

1. Bersyukur bisa senam bareng di kantor. 
2. Bersyukur habis senam, sarapan kue bareng si kantor.
3. Bersyukur walaupun ga bisa urus surat izin penelitian, masih bisa setelah pulang dari Bogor.
4. Bersyukur surat penghadapan dua orang yang alih status sudah ada.
5. Bersyukur malam makan ayam kesukaan kami sekeluarga.

Palangka Raya, 18 Juni 2021
-Mega Menulis-

No comments: