Wednesday, October 3, 2018

Yesaya 33, Mazmur 83

Mazmur 83

Scripture
Mazmur 83:16, 18 (TB)  (83-17) penuhilah muka mereka dengan kehinaan, supaya mereka mencari nama-Mu, ya TUHAN!
(83-19) supaya mereka tahu bahwa Engkau sajalah yang bernama TUHAN, Yang Mahatinggi atas seluruh bumi.

Observation
*supaya mereka tahu bahwa Engkau sajalah yang bernama TUHAN, Yang Mahatinggi atas seluruh bumi.*
*supaya mereka mencari nama-Mu, ya TUHAN!*
Fokus pemazmur adalah Tuhan, bahkan saat dia berdoa memohon pertolongan untuk melawan musuh pun fokusnya adalah Tuhan. Dia ingin musuh-musuhnya mencari nama Tuhan dan mengenal Tuhan. BUKAN SEKEDAR, supaya dia dilepaskan dari musuh atau supaya menang mengalahkan musuh. Pemazmur ingin nama Tuhan yang dikenal dan mereka mencari Tuhan. Aku diingatkan untuk fokus pada kemuliaan Tuhan, saat aku meminta sesuatu, aku perlu menyelidiki hatiku apakah aku meminta untuk nafsu sendiri atau untuk Tuhan. Aku mencari kepentingan Tuhankah atau manusia.

Aplication
✔️  Fokus pada apa yang memuliakan Tuhan dan membuat Tuhan semakin dikenal.
✔️ Mendatangkan kemuliaan bagiNya atau tidak menjadi pertimbanganku saat aku meminta sesuatu yang aku inginkan.

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau selama ini aku hanya menuruti nafsuku dan gak mancari apa yang paling memuliakan Tuhan. Ajari aku berdoa seperti pemazmur, yang fokus pada Tuhan saja dan bukan sekedar keinginanku. Amin.

Yesaya 33

Scripture
Yesaya 33:4 (TB)  Orang mengumpulkan jarahan seperti belalang pelahap menelan makanannya; mereka menyerbunya seperti serbuan kawanan belalang.

Observation
Baca ayat ini teringat korban gempa di Palu yang ramai tersebar videonya kedapatan menjarah di mall dan toko. Banyak yang menyayangkan dan memaki, tapi aku membayangkan kalau aku ada di posisi mereka, anak-anakku butuh susu dan makanan, mungkin aku sanggup melakukan hal yang sama. Aku ngeri jadinya ke diriku sendiri. Rupanya manusia sanggup melakukan apa saja kalau terdesak. Sungguh-sungguh kasih karunia Tuhan semata kalau seseorang punya pengendalian diri untuk gak menjarah demi bertahan hidup dalam keadaan demikian. Aku bukan membenarkan mereka yang menjarah bahan makanan tapi aku sedikit mengerti alasan mereka saat membayangkan di posisi mereka.

Aplication
✔️  Berdoa buat korban gempa di Palu.

Prayer
Tuhan, tolong mereka yang ada di Palu ya Tuhan. Tuhanlah yang memenuhi segala keperluan mereka, Engkau sendiri yang hadir dalam penderitaan mereka. Biarlah mereka boleh tetap merasakan kasih dan penyertaan. Amin.

Palangka Raya, 3 Oktober 2018
-Mega Menulis-

No comments: