Wednesday, June 5, 2019

Amsal 5, Mazmur 124

Mazmur 124

Scripture      
Mazmur 124:1 (TB)  Nyanyian ziarah Daud. Jikalau bukan TUHAN yang memihak kepada kita, — biarlah Israel berkata demikian —

Observation
Awalnya aku merasa kok sombong ya Israel ni sewaktu berkata Tuhan di pihaknya, seolah-olah mereka selalu layak di hadapan Tuhan dibandingkan pihak lain. Sejujurnya, Israel ini bangsa yang tegar tengkuk. Tapi sewaktu baca lagi, aku malah melihat kerendahan hati mereka yang mengakui kalau Tuhanlah yang telah melindungi mereka dari segala bahaya. Kalau layak gak layak, ma kita ga ada yang layak. Tapi Israel sungguh hidup karena kasih karunia Tuhan dan mereka menyadarinya.

Terkadang ada perasaan sombong di dalam hatiku waktu melihat orang percaya lain. Ada pikiran, kok dia gini, kok dia gitu. Padahal sesungguhnya kami sama-sama hidup karena anugerah Tuhan. Aku gak berhak menghakimi orang lain. Aku perlu menyadari kalau ada kasih karunia Tuhan yang berbeda bagi setiap anakNya, gak sama tapi cukup.

Aplication
✔️ Aku harus hidup dalam kasih karunia Tuhan. Dengan kerendahan hati mengakui kalau aku ada sebagaimana aku ada karena kasih karunia Tuhan
✔️ Sebagai sesama penerima kasih karunia, aku gak berhak menghakimi orang lain.

Prayer   
Tuhan, terima kasih karena aku hidup karena Engkau. Ampuni aku saat aku hidup di luar kasih karuniaMu dan berlaku seperti anak sulung. Amin.

Amsal 5

Scripture      
Amsal 5:23 (TB)  Ia mati, karena tidak menerima didikan dan karena kebodohannya yang besar ia tersesat.

Observation
Orang fasik mati karena :
- Tidak menerima didikan
- Kebodohannya
Udah bodoh gak mau menerima didikan. Udah bodoh ga mau dikasih tahu, malahan yang ada sok tau. Nah lo! Ujung-ujungnya menerima konsekuensinya dong. Jadiii.... Kalau aku gak mau dikasih tahu dan malah sok tahu,ada akibat yang harus aku tanggung. Aku bakal Mati! Mungkin bukan kematian fisik, tapi kematian rohani, kematian nurani. Semakin sering aku menolak teguran, maka aku semakin pandai melewatkan didikan. Aku akan mati rasa terhadap didikan dan merasa diri paling benar.

Aplication
✔️ Aku harus belajar menerima didikan dengan hati yang lembut. Gak defense dan merasa apa yang aku lakukan sudah benar.

Prayer   
Tuhan, aku mau mati terhadap diri sendiri dan rasa sok tahuku supaya aku menerima teguran dan didikan dengan terbuka. Supaya aku hidup benar di hadapan Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 5 Juni 2019
-Mega Menulis-

No comments: