Tuesday, November 12, 2019

1 Tawarikh 21-22

1 Tawarikh 21

Scripture       
1 Tawarikh 21:24 (TB)  Tetapi berkatalah raja Daud kepada Ornan: "Bukan begitu, melainkan aku mau membelinya dengan harga penuh, sebab aku tidak mau mengambil milikmu untuk TUHAN dan tidak mau mempersembahkan korban bakaran dengan tidak membayar apa-apa." 

Observation
Daud selalu mau bayar harga untuk persembahannya kepada Tuhan, dia tidak mau memanfaatkan kekuasaannya sebagai raja.  Daud memberi persembahan kepada Tuhan bukan dengan barang rampasan, hasil korupsi, dll. Tetapi dia sungguh berusaha memberikan yang terbaik. Saat aku ingin mempersembahkan sesuatu kepada Tuhan, aku harus ingat apa yang dilakukan Daud ini, bersedia bayar harga. 

1 Tawarikh 21:25 (FAYH)  Maka Daud membayar tanah Ornan itu seharga enam ratus syikal (6. 840 gram) emas.
Kalau kita hitung dengan harga sekarang emas 700 rb/gram berarti nilai persembahan Daud saat ini kalau dirupiahkan Rp4.788.000.000 Nilai yang fantastis. Padahal kalau dia menerima tawaran Ornan si pemilik tempat pengirikan dia tidak perlu bayar, tapi inilah mental Daud yang luar biasa. Daud gak mau merugikan orang lain dan ia ingin berkenan di hadapan Allahnya. 

Aplication
✔️ Aku mau belajar dari Daud yang memberikan yang terbaik kepada Tuhan dengan cara yang benar. 
✔️ Aku juga gak mau merugikan orang lain bahkan saat aku berusaha melakukan yang benar. 
✔️ Ornan sungguh bermurah hati saat tahu niat Daud membangun mezbah. Saat ini, aku dan suami berada di gereja yang baru dan belum punya gedung gereja sendiri. Aku diingatkan terlibat dalam pembangunannya.

Prayer
Tuhan, terima kasih buat teladan Daud hari ini. Tolong aku untuk punya mrntal seperti Daud dan kemurahan hati Ornan. Amin.

1 Tawarikh 22

Scripture       
1 Tawarikh 22:7-8 (TB)  kata Daud kepada Salomo: "Anakku, aku sendiri bermaksud hendak mendirikan rumah bagi nama TUHAN, Allahku,  
tetapi firman TUHAN datang kepadaku, demikian: Telah kautumpahkan sangat banyak darah dan telah kaulakukan peperangan yang besar; engkau tidak akan mendirikan rumah bagi nama-Ku, sebab sudah banyak darah kautumpahkan ke tanah di hadapan-Ku. 

Observation
Daud menceritakan visinya dan perkataan Tuhan kepada Salomo tapi sayang Salomo menyembah berhala mengikuti istri-istrinya. Jadi ingat Mikhal yang mengejek Daud saat menyembah Tuhan, Daud malahan menegur istrinya. Beda dong dengan Salomo yang malah ikutan menyembah berhala. Artinya Salomo gak sungguh-sungguh mengasihi Tuhan seperti Daud. Sayang sekali, Salomo gak meneladani Daud dalam hubungannya dengan Tuhan. Apa saja hal yang bisa aku teladani dari orang tuaku? Lakukan!

Beberapa hari ini aku teringat papaku dan satu hal yang pengen aku teladani dari papaku. Papaku orang paling murah hati yang aku kenal. Dia rela berkorban untuk menolong orang lain. 

Aplication
✔️ Aku belajar bermurah hati untuk seseorang beberapa hari ini. Berasa jengkel sih sebenarnya, tapi Tuhan terus ingatkan aku untuk murah hati. 

Prayer
Tuhan, aku bersyukur buat keteladanan papahku dalam hidup yang murah hati. Mampukanlah aku untuk murah hati. Amin.
Gratitude Journal
11 November 2019

1. Bersyukur hari ini bisa bangun pagi dan baca Alkitab. Kecapean semalam nemenin bocah main. 
2. Bersyukur dapat definisi baru tentang disiplin : Disiplin berarti harus melakukan hal-hal yang tidak mau saya lakukan tapi harus. Disiplin itu sebenarnya bukan mengekang tapi membebaskan. Mau lebih berdisiplin dalam beberapa hal. 
3. Bersyukur pagi ini bisa sarapan Rice Bowl mutah dari Solaria bareng suami. 
4. Bersyukur hari ini bawa kripik pedas ke kantor dan laku semua. 
5. Bersyukur di kantor ditraktir mie ayam. 
6. Bersyukur untuk rencana rapat yang dipercepat sehingga pekerjaanku tahun ini bisa lebih cepat selesai. 
7. Bersyukur sekarang musim mangga jadi harga mangga jauh lebih murah dari biasanya. Sara dan Sofia suka sekali mangga, jadi bisa makan mangga hampir tiap hari. 
8. Bersyukur bisa belanja dengan ongkir murah di Shopee. Beberapa waktu lalu sempat memasukkan barang yang aku perlukan di keranjang Shopee jadi hari ini langsung eksekusi.

Palangka Raya, 11 November 2019 
-Mega Menulis-

No comments: