Wednesday, November 27, 2019

Amos 5-6

Amos 5

Scripture       
Amos 5:14 (TB)  Carilah yang baik dan jangan yang jahat, supaya kamu hidup; dengan demikian TUHAN, Allah semesta alam, akan menyertai kamu, seperti yang kamu katakan. 

Observation
Saat berkata Tuhan menyertai kita, maka konsekuensinya adalah harus mencari yang baik dalam hidup, bukan yang jahat. Apa saja yang baik itu? 
Yang menyenangkan hati Tuhan.
Bukan sekedar dosa gak dosa, tapi apakah ini menyenangkan Tuhan? Apakah aku mencari dan memilih yang menyenangkan Tuhan setiap hari? Atau jangan-jangan aku mencari kesenanganku sendiri? 

Aplication
✔️ Saat akan melakukan sesuatu aku perlu bertanya sama Tuhan, apakah ini menyenangkan Tuhan? Kalau iya, lakukan. 

Prayer
Tuhan, hari ini aku mau menyenangkanMu. Amin.

Amos 6

Scripture       
Amos 6:1 (TB)  "Celaka atas orang-orang yang merasa aman di Sion, atas orang-orang yang merasa tenteram di gunung Samaria, atas orang-orang terkemuka dari bangsa yang utama, orang-orang yang kepada mereka kaum Israel biasa datang! 

Observation
Perikop ini berjudul rasa tenteram yang palsu. Kapan aku merasa tenteram? Saat aku punya uang banyak? Saat anak-anakku bersikap manis? Saat suamiku mengisi love tankku? Aku diingatkan kalau rasa tenteram yang sejati hanya datang dari Tuhan dan hidup di dalam kehendakNya. Bukan dari yang lain. Kalau aku gak hidup dalam ketaatan pada Tuhan, aku gak akan pernah merasakan ketenteraman sejati.


Gratitude Journal
24 November 2019

1. Bersyukur bisa jalan pagi sekeluarga di Bundaran Besar. Aku bawa bekal buat sarapan di sana, senangnya bocah-bocah makan banyak.
2. Bersyukur hari ini bisa nyelesaikan setrikaan segabang.
3. Bersyukur bisa nonton bareng suami di rumah.
4. Bersyukur pas malam aku goreng ikan nila, bocah-bocah suka dan ngabisin hampir semua ikan yang aku goreng.
5. Hari ini di beberpa tempat di Kalteng mati listrik secara bergilir karena ada kerusakan, puji Tuhan di tempat kami nggak mati listrik.

Palangka Raya, 24 November 2019
-Mega Menulis-

No comments: