Thursday, November 21, 2019

Nehemia 10-11

Nehemia 10

Scripture       
Nehemia 10:28 (TB)  Dan orang-orang yang lain, yakni: para imam dan orang-orang Lewi, para penunggu pintu gerbang, para penyanyi, para budak di bait Allah dan segala orang yang memisahkan diri dari penduduk negeri untuk patuh kepada hukum Allah, serta isteri mereka, anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan mereka, begitu juga semua orang yang cukup dewasa untuk mengerti,

Observation
Memisahkan diri dari penduduk negeri untuk patuh kepada hukum Allah. Wow! Alasan melakukan sesutu atau gak melakukan sesuatu karena patuh kepada hukum Allah. Hebat sih menurutku, ketaatan sama Tuhan yang menjadi motivasi. Apakah yang aku lakukan dan gak kulakukan didasari ketaatan sama Tuhan? Atau jangan-jangan aku cuma melakukan yang aku sukai. 

Aplication
✔️ Jadi perenunganku saat melakukan/gak melakukan sesuatu, apakah yang memotivasiku? 

Prayer
Tuhan, aku mau punya motivasi yang benar dalam bertindak, karena ketaatan sama Tuhan. Amin.

Nehemia 11

Scripture       
Nehemia 11:2 (TB)  Orang-orang memuji setiap orang yang rela menetap di Yerusalem. 

Observation & Aplication 
Bingung awalnya kenapa orang-orang memuji orang yang rela menetap di Yerusalem ternyata mereka yang tinggal di Yerusalem punya tanggung jawab melayani lebih banyak dibandingkan mereka yang gak menetap di Yerusalem. Emang gampang mengagumi orang lain yang outstanding bahkan melakukan yang lebih dari orang lain, tapi aku sadar kalau sebagai anak Tuhan, aku gak dipanggil cuma buat kagum, taoi jadi salah seorang di antaranya sehingga nama Tuhan dipermuliakan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya gak egois sehingga nama Tuhan yang dipermuliakan. Amin.

Gratitude Journal
20 November 2019

1. Bersyukur ternyata bolu jeruk sunkis yang akau beli enak banget, hahaha. Nagih banget jadinya 🤣
2. Bersyukur dapat 2 kotak nasi Padang dari kantor karena ada acara di kantor. Suamiku kan pecinta Nasi Padang garis keras, jadi seneng bisa  makan siang bareng sama suami.
3. Bersyukur bisa ketemu sahabatku dan ngobrol banyak hal lalu menertawakannya. 
4. Bersyukur Sofia mulai sehat dan gak lemes seperti hari sebelumnya. Banyak main sama Sara dan mulai cerewet. 
5. Bersyukur hari ini keluar SPRIN, aku termasuk yang ikut latihan menembak besok. Bakal dapat pengalaman baru. Dan aku baru tahu kalau yang lama di kantor pun banyak yang belum pernah.
6. Bersyukur adekku hari ini sudah berhasil kirim berkas CPNSnya. Semoga dia bisa dapat dan berhasil tesnya. Amin. 

Palangka Raya, 20 November 2019 
-Mega Menulis-

No comments: