Sunday, May 31, 2020

Yosua 10

Yosua 10:1-14

Scripture
Yosua 10:11 (TB)  Sedang mereka melarikan diri di depan orang Israel dan baru di lereng Bet-Horon, maka TUHAN melempari mereka dengan batu-batu besar dari langit, sampai ke Azeka, sehingga mereka mati. Yang mati kena hujan batu itu ada lebih banyak dari yang dibunuh oleh orang Israel dengan pedang.

Observation
Ada campur tangan Tuhan dalam pertempuran orang Israel. Bahkan Dia menghancurkan musuh jauh lebih banyak dari yang dibunuh orang Israel. Sadar atau tidak sadar, Tuhan hadir menyertai setiap pertempuran Israel. Bahkan Dia yang memberikan kemenangan. 

Begitu juga dengan kehidupanku, aku sadari ataupun tidak, Tuhan selalu hadir dan menyertai. Dia campur tangan. Dia memberikan kemenangan. Setiap pertempuranku melawan dosa, karakterku yang buruk, manusia lamaku yang belum kutinggalkan, Tuhan mensupportku supaya aku menang. *Kalau menyadari Tuhan hadir dan dekat denganku, masihkah aku ingin berbuat dosa?* Beberapa kali dalam minggu ini aku nyaris jatuh dalam dosa, tapi saat sadar Tuhan dekat dan lihat, aku malu. Batal deh. Aku gak mau mendukakan Tuhan. Aku gak mau kembali ke kehidupan lamaku. 

Aplication
Aku gak mau tinggal tetap dalam dosa karena akan membuatku menjauh dari Tuhan. Aku sadar, naluri dosa adalah menyembunyikan diri dari Tuhan. Sekali berbuat dosa, aku akan menjauh dari Tuhan dan dosa akan berkuasa. No. Aku gak mau. 

Prayer
Tuhan, terima kasih karena Tuhan selalu hadir dan perhatikanku. Tuhan gak biarkan aku jatuh dan tinggal tetap dalam dosa. Terima kasih buat kemenangan yang Tuhan berikan. Amin.
Gratitude Journal
30 Mei 2020 

1. Bersyukur bisa bangun siang dan malas-malasan di tempat tidur sekeluarga. 
2. Bersyukur bocah mau makan udang yang aku masak, sempat kuatir mereka gak mau karena dah lama gak makan udang. 
3. Bersyukur sore bisa jalan-jalan beli nasi padang buat suami. 
4. Bersyukur pas jalan ingat beli ketan. Suami sempat bilang hari ini pengen makan ketan. Untung ingat beli pas lewat orang yang jualan. 
5. Bersyukur sampai hari ini konsisten mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap hari. Jadi bisa tahu bocor halus dan saving lebih teratur. 
6. Aku dengar kabar langganan tanteku di pasar terkena Covid-19, bersyukur pas tanya ternyata tanteku sudah lama berhenti langganan ayam di situ. Kuatirnya karena tanteku kan jualan di warung makan gitu. Gak kebayang kalau dia, keluarga atau pembeli kena. 
7. Bersyukur bisa video call sama beberapa keluarga suami. 
8. Bersyukur pagi-pagi suami waktu buang sampah, mampir ke warung beli kangkung dan tempe.

Palangka Raya, 30 Mei 2020
-Mega Menulis-

No comments: