.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Saturday, February 25, 2017

Keluaran 10-12, Kisah Para Rasul 2, Amsal 2

Keluaran 10-12

Keluaran 10

Tulah :
8. Belalang
9. Gelap gulita

Keluaran 10:22 (TB)  Lalu Musa mengulurkan tangannya ke langit dan datanglah gelap gulita di seluruh tanah Mesir selama tiga hari.

Aku pikir tulah kesembilan ini menunjukkan Allah lebih berkuasa dibanding dewa-dewa Mesir. Aku teringat pelajaran zaman sekolah dulu, dewa bangsa Mesir yang paling terkenal adalah Ra yakni Dewa Matahari. Pada tulah ini seharusnya bangsa Mesir menyadari kalau dewanya gak layak disembah, toh dewanya tunduk pada Allah bangsa Israel.

Aku penasaran, adakah dari orang Mesir yang setelah melihat pekerjaan Allah yang membedakan antara bangsa Israel dan Mesir lalu menyembah Allahnya bangsa Israel? Soalnya kan nyata benar kalau Allahnya bangsa Israel berkuasa di atas dewa Mesir, buktinya dewa Matahari mereka gak berdaya. Kalau nggak, sayang sekali :( Mereka telah melihat perbuatan Allah tapi gak memutuskan mengikut Dia.

Ini juga jadi perenunganku, selama ini aku sudah melihat karya Tuhan dalam hidupku lalu apakah aku sudah setia mengikut Dia? Aku sadar kalau aku masih sering menentang Tuhan dengan gak menaati firmanNya #sigh.

Ampuni aku ya Tuhan, aku gak mau seperti bangsa Israel yang telah melihat perbuatan ajaib Tuhan tapi menjadi bangsa yang tegar tengkuk. Aku mau bertumbuh dalam ketaatan kepadaMu ya Tuhanku. Amin

Keluaran 12:37 (TB)  Kemudian berangkatlah orang Israel dari Raamses ke Sukot, kira-kira enam ratus ribu orang laki-laki berjalan kaki, tidak termasuk anak-anak.

Wuih...600 ribu orang tu laki-laki doang,kalo dihitung punya istri dan 1 anak saja, apa nggak 1,8 juta tuh....!!! Luar biasa Tuhan memenuhi janjiNya menjadikan keturunan Abraham menjadi bangsa yang besar. Jangan-jangan ini migrasi terbesar yang pernah ada.LOL. Membaca bagian ini aku melihat kalau Allah kita benar-benar Allah yang menggenapi janjiNya!

Keluaran 12:38 (TB)  Juga banyak orang dari berbagai-bagai bangsa turut dengan mereka; lagi sangat banyak ternak kambing domba dan lembu sapi.

Pertanyaanku terjawab! \(",)/ Ternyata ada juga bangsa lain mengikuti bangsa  Israel (mungkin ada juga orang Mesir) yang keluar dari tanah Mesir karena melalui tulah-tulah yang terjadi mereka melihat bahwa Allahnya bangsa Israel adalah satu-satunya Allah yang berkuasa.

Aku berdoa semoga karya Allah di dalam dan melalui aku juga membawa mereka yang gak mengenal Tuhan mengikut Tuhan.

Kisah Para Rasul 2

Kisah Para Rasul 2:21 (TB)  Dan barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan.

Baca ayat ini mengingatkanku akan ayat lain yang berbicara akan tanggung jawab sebagai orang percaya adalah untuk bersaksi:
Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya? Roma 10:14

Sudahkah aku memberitakan tentang Yesus?
Apakah orang-orang di sekelilingku yang gak kenal Tuhan sudah mendengar tentang Dia?
Ini tanggung jawab kita, tanggung jawabku sebagai orang yang percaya.

Tuhan, aku mau jadi saksiMu. Berikan aku keberanian dan hikmat untuk memberitakan tentang Yesus supaya banyak semakin banyak yang mendengar tentang Engkau. Amin.

Amsal 2

Amsal 2:5 (TB)  maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHAN dan mendapat pengenalan akan Allah.

Pengertian tentang takut akan Tuhan dan pengenalan akan Allah didapat bila:
-menerima dan menyimpan hikmat
Mau diajar dan berusaha mengingat apa yang telah diajarkan. Gak mendengar hanya untuk melupakan.
-memperhatikan hikmat
Merenungkan ajaran dan hikmat sehingga berujung pada tindakan.
-mencenderungkan diri pada kepandaian
Dengan sadar memilih untuk lebih memperhatikan hal-hal yang menambah pengetahuan.
-mencari dan mengejar hikmat
Berusaha keras mendapatkan hikmat dan menghargai hikmat sama seperti harta.

Tuhanku, Engkau tahu ya Bapa, kalau aku sering salah fokus, mencari dan memperhatikan hal-hal yang gak penting. Ampuni aku ya Bapa. Aku mau tekun mencari hikmatMu supaya semakin hari semakin mengenal Engkau.Berikan aku hikmatMu supaya aku semakin mengenal Engkau dan hidup dalam takut akan Tuhan.Amin

Kasongan,  2 Februari  2017
-Mega  Menulis-

No comments:

blog comments powered by Disqus

FoLLoWeRs