Saturday, February 25, 2017

Keluaran 4-6, Mazmur 31, Amsal 31

Keluaran  4-6

Keluaran 4:14 (TB)  Maka bangkitlah murka TUHAN terhadap Musa dan Ia berfirman: "Bukankah di situ Harun, orang Lewi itu, kakakmu? Aku tahu, bahwa ia pandai bicara; lagipula ia telah berangkat menjumpai engkau, dan apabila ia melihat engkau, ia akan bersukacita dalam hatinya.

Musa mencari-cari alasan untuk gak menaati Tuhan,betapa beraninya dia, begitu awalnya aku berpikir. Tuhan sampai murka looo...!!! Pastinya Tuhan tau isi hati Musa sebelum memerintahkan Musa, Dia tahu kalau Musa bakal mencari-cari alasan tapi toh Tuhan tetap saja menyuruh Musa, tapi kenapa coba Dia masih menyuruh Musa? Tuhan ingin Musa tumbuh dalam hal ketaatan terhadap Tuhan.

Aku belajar untuk gak mencari-cari alasan sewaktu Tuhan ingin aku melakukan sesuatu. Gak ada alasan sebenarnya selain kesediaanku. Hambatan internal dari dalam diri sendiri? Bukankah Tuhan yang menciptakanku mengenal diriku? Dia tahu batas kemampuanku. Dia akan berikan kesanggupan sesuai dengan kasih karuniaNya. Hambatan eksternal dari luar? Aku harus percaya kalau Tuhan yang suruh, Dia akan bukakan jalan. Aku harus belajar berkata ya untuk setiap hal yang Tuhan mau aku lakukan.

Tuhan, tolong aku untuk menaatiMu. Aku tahu aku sering gak taat, tapi aku mau taat. Aku mau bertumbuh dalam hal ketaatan padaMu. Amin

Keluaran 4:21 (TB)  Firman TUHAN kepada Musa: "Pada waktu engkau hendak kembali ini ke Mesir, ingatlah, supaya segala mujizat yang telah Kuserahkan ke dalam tanganmu, kauperbuat di depan Firaun. Tetapi Aku akan mengeraskan hatinya, sehingga ia tidak membiarkan bangsa itu pergi.

Kenapa ya Tuhan mengeraskan hati Firaun?

Keluaran 6:1 (TB)  (5-24) Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa: "Sekarang engkau akan melihat, apa yang akan Kulakukan kepada Firaun; sebab dipaksa oleh tangan yang kuat ia akan membiarkan mereka pergi, ya dipaksa oleh tangan yang kuat ia akan mengusir mereka dari negerinya."

Baca bagian ini jadi mikir, mungkin gak sih kalo tujuan Allah mengeraskan hati Firaun supaya Dia bisa melakukan berbagai perbuatan ajaib (tulah-tulah) dan Firaun gak sekedar mengizinkan orang Israel pergi mempersembahkan korban buat Tuhan tapi sekalian mengusir orang Israel karena di pasal 5 terlihat keanehan, sudah ditindas sedemikian rupa eh...orang Israel malah menyalahkan Musa dan Harun. Orang Israel sepertinya sudah merasa nyaman berada di Mesir (walaupun ditindas) sehingga Tuhan menganggap perlu untuk mengeraskan hati Firaun.

Mazmur 31

Mazmur 31:3 (TB)  (31-4) Sebab Engkau bukit batuku dan pertahananku, dan oleh karena nama-Mu Engkau akan menuntun dan membimbing aku.

Di sini dikatakan Allah menuntun dan membimbing aku karena namaNya. Emang ada apa dengan namaNya sampai-sampai aku dituntun dibimbingNya pun karena namaNya. Lalu aku teringat pernah dengar kalau Allah disebut dengan berbagai sebutan pada zaman dahulu. Penasaran dengan 'nama-nama Allah' yang pernah aku dengar dan di link ini http://www.sarapanpagi.org/nama-nama-yehovah-dengan-gelar-vt611.html aku menemukan nama-nama Allah atau sebutan Allah di Alkitab:

1. 'ADONAY YEHOVIH (baca ADONAY ELOHIM) , Tuhan ALLAH ( Kejadian 15:2)

2. YEHOVAH ADON KOL HA'ARETS, TUHAN Penguasa seluruh bumi (Yosua 3:13)

3. YEHOVAH ELI, TUHAN Allahku (Mazmur 18:3)

4. YEHOVAH YIREH – TUHAN yang melihat dan menyediakan (Kejadian 22:14)

5. YEHOVAH RAFA (lebih tepat: YEHOVAH ROFEKHA) – TUHAN Penyembuhmu (Keluaran 15:26)

6. YEHOVAH NISI – TUHAN panjiku/ spanduk-ku (Keluaran 17:15) 

7. YEHOVAH MEQADISH'KHEM – TUHAN yang menguduskanmu (Keluaran 31:13, Imamat 20:7-8 ,21:8, 22:32, Yehezkiel 20:12) 

8. YEHOVAH SHALOM – TUHAN yang memberi damai/ keselamatan, (Hakim-hakim 6:24) 

9. YEHOVAH SHAFAT (lebih tepat: YEHOVAH HASHOFET), TUHAN Sang Hakim (Hakim-hakim 11:27) 

10. YEHOVAH EL'YON, TUHAN Yang Mahatinggi ( Mazmur 7:18, 47:3, 97:9) 

11. YEHOVAH ROI, TUHAN adalah Gembalaku (Mazmur 23:1) 

12. YEHOVAH ORI, TUHAN Terangku (Mazmur 27:1)

13. YEHOVAH KEVODI,TUHAN Kemuliaanku (Mazmur 3:4)

14. YEHOVAH 'OSENU, TUHAN menjadikan kita (Mazmur 95:6)

15. YEHOVAH TSID'KENU, TUHAN Kebenaran Kami (Yeremia 23:6, 33:16) 

16. YEHOVAH SHAMAH, TUHAN (hadir) disitu (Yehezkiel 48:35) 

17. YEHOVAH BORE, TUHAN Sang Pencipta (Yesaya 40:28) 

18. YEHOVAH QONEH SHAMAYIM VA'ARETS, TUHAN Pemilik/ Pencipta Langit dan Bumi (Kejadian 14:22)

19. YEHOVAH TSEVA'OT, TUHAN Semesta Alam (1 Samuel 1:3, 15:2, , 2 Samuel 7:8, Nahum 2:13, Roma 9:29, Yakobus 5:4, 2 Korintus 6:18)

20. YEHOVAH MAGINENU, TUHAN adalah Perisai kita (Mazmur 89:19) 

21. YEHOVAH GIBOR MIL'KHAMAH, TUHAN yang Perkasa dalam Peperangan (Mazmur 24:8) 

22. YEHOVAH 'IZUZ VEGIBOR, TUHAN Kuat dan perkasa (Mazmur 24:8)

23. YEHOVAH SALI, TUHAN Bukit Batuku (Mazmur 18:3) 

24. YEHOVAH MA'UZI, TUHAN Bentengku ( Yeremia 16:19)

25. YEHOVAH MAUZAM, TUHAN Kekuatan mereka (Mazmur 37:39)

26. YEHOVAH 'UZI, TUHAN Kekuatanku (Yeremia 16:19)

27. YEHOVAH METSUDATHI, TUHAN Kubu Pertahananku (Mazmur 18:3, Yesaya 33:16

28. YEHOVAH MAKH'SI, TUHAN Perlindunganku (Mazmur 91:9)

29. YEHOVAH QEREN YISHI, TUHAN Tanduk Keselamatanku
(Mazmur 18:3, 2 Samuel 22:3)

30. YEHOVAH MAGEN 'EZREKHA, TUHAN Perisai Pertolonganmu (Ulangan 33:29)

31. YEHOVAH KHEREV GA'AVATEKHA, TUHAN adalah Pedang Kejayaanmu (Ulangan 33:29)

32. YEHOVAH MEFAL'TI, TUHAN Pembebasku/ Penyelamatku (Mazmur 18:3)

33. YEHOVAH 'IM'KHA, TUHAN Menyertai engkau (Hakim-hakim 6:12)

34. HA-MELEKH YEHOVAH, TUHAN Sang Raja (Mazmur 98:6)

35. YEHOVAH MELEKH 'OLAM VE'AD, TUHAN adalah Raja untuk seterusnya dan selama-lamanya/ Kekal (Mazmur 10:16)

36. YEHOVAH MO'OSHIEKH, TUHAN Juruselamatmu ( Yesaya 49:26, 43:11)

37. YEHOVAH GO'ELEKH, TUHAN Penebusmu (Yesaya 49:26, 60:16)

38. YEHOVAH HOSHIAH, TUHAN Selamatkan! 

39. YEHOVAH QANA, TUHAN yang cemburu adanya ( Keluaran 20:5) 

40. YEHOVAH MAKEH, TUHAN Yang Memusnahkan (Yehezkiel 7:9)

Membaca dan merenungkan nama-nama Allah ini aku merasa dikuatkan menjalani hidupku. Aku yakin Dia akan membimbing dan menuntunku. Memang aku gak tahu persis pada ayat ini kalau l dalam bahasa Ibrani, namaNya yang mana yang dimaksud tapi Allah (sesuai dengan namaNya) adalah penyelamatku, Dia menyertai aku, Tuhan adalah kebenaranku, Tuhan adalah terangku, Tuhan adalah Gembala Ku, Tuhan yang memberi damai, Tuhan adalah Hakim, Tuhan hadir dalam hidupku.

Aku bersyukur menjalani hidupku dengan bimbingan dan tuntunan Tuhan, aku gak perlu takut dan kuatir.

Amsal 31

Amsal 31:27 (TB)  Ia mengawasi segala perbuatan rumah tangganya, makanan kemalasan tidak dimakannya.

Sudahkah aku menghindari makan makanan kemalasan dalam segala kegiatan rumah tangganya? Tentu saja belum! #sigh.
Makanan adalah kebutuhan kita sehari-hari, makanan seharusnya memberikan energi bagi kita dalam menjalani aktivitas, makanan memberikan kekuatan.
Tapi kalau makanan kemalasan yang kita makan tiap hari maka bukan kekuatan untuk melakukan segala sesuatu yang kita dapat, melainkan alasan untuk tidak melakukan sesuatu.

Aku gak mau makanan kemalasan yang jadi makananku setiap hari, aku mau makan 'FirTu' aja tiap hari supaya aku mendapat kekuatan yang aku perlukan. Aku memerlukan Firman Tuhan untuk mendapatkan kekuatan. Aku mau jadikan Firman Tuhan kekuatanku.

Kasongan,  31 Januari  2017
-Mega Menulis-

No comments: