Thursday, June 24, 2010

tentang PENDERITAAN

PENDERITAAN sering dianggap tidak ada gunanya, bahkan saat penderitaan itu datang, kita selalu berdoa supaya Tuhan menyingkirkannya sesegera mungkin.

Pernahkah kita berpikir kalau penderitaan yang terjadi dalam hidup kita adalah kehendak Tuhan?

Biasanya TIDAK! Kita cenderung meyakini penderitaan ada semata-mata karena perbuatan iblis atau karena perbuatan kita sendiri. Tidak mungkin dari Tuhan. Tidak mungkin Tuhan menghendaki kita menderita. Dia Tuhan yang baik, yang sangat mengasihi umat-Nya. Tidak mungkin Dia biarkan kita menderita. Benarkah demikian?

Ya Tuhan memang amat teramat sangat baik. Dia sangat mengasihi kita. Dia Maha Tahu, Dia tau yang terbaik bagi kita, anak-anakNya. Dia akan selalu memberikan yang terbaik bagi kita, bahkan jika itu PENDERITAAN, Dia akan tetap memberikannya.

Tuhan, dengan segala hikmatNya, tahu bahwa tidaklah bijaksana jika kita hanya merasakan kesenangan dalam hidup. Kita menghindari penderitaan karena kita merasa penderitaan menyakiti kita dan tidak menyenangkan bagi kita. Kejam sekali Tuhan yang mengizinkan penderitaan terjadi, demikian pikir kita.

TAPI Tuhan memberikan penderitaan karena Dia punya tujuan yang jauh lebih besar dari rasa sakit yang kita rasakan. Dia tahu apa yang diperbuatNya. Tidak pernah Dia melakukan sesuatu tanpa tujuan. Dia Tuhan yang penuh hikmat, bukan Tuhan yang iseng melakukan sesuatu tanpa tujuan (”,) Dia selalu BENAR.

Bagi kita, penderitaan hanyalah penderitaan, hanyalah tentang rasa sakit dan ketiknyamanan yang kita rasakan. TAPI, Tuhan kita yang luar biasa itu dapat menggunakan penderitaan untuk:
- Membuang dosa dari hidup kita
- Menguatkan komitmen kita padaNYA
- Memaksa kita bergantung padaNYA
- Mendatangkan pengertian akan kehidupan
- Membangkitkan kepekaan kita
- Mendisiplinkan pikiran kita
- Agar kita melewatkan waktu dengan bijaksana
- Memelihara pengharapan kita
- Membuat kita semakin mengenalNya
- Mengajar kita mengucap syukur
- Meningkatkan iman
- Menguatkan karakter
- Memberikan kesempatan bagi kita untuk memuliakan Tuhan
- .......(silakan ditambahkan (”,) )

Luar biasa ya Tuhan kita? ^.^

4 comments:

uly said...

meg, great post...

Mega said...

tengkyu Ly, keep strong ya...

Mega said...

tengkyu Ly, keep strong ya...

uly said...

meg, great post...