Friday, January 11, 2019

Mazmur 10, Amsal 10

Amsal 10

Scripture
Amsal 10:31 (TB)  Mulut orang benar mengeluarkan hikmat, tetapi lidah bercabang akan dikerat.

Observation
Ternyata orang benar dapat dilihat dari apa yang dikeluarkan mulutnya. Ada hikmat di mulut orang benar. Jadiiii.... Ucapannya mengandung hikmat. Perkataan yang mengandung hikmat seperti apa?
👉 Bukan perkataan sia-sia:gosip, humor jorok,  cerita gak berguna.
👉 Menolong, memberkati dan menginspirasi yang mendengarnya
👉 Based on Firman Tuhan, bukan sekedar pemikiran sendiri atau dunia.

Aplication
✔️ Aku harus cek dan ricek sebelum ngomong, apakah yang akan kukatakan ini hikmat atau kebodohan.
✔️ Aku mau memberkati orang lain melalui perkataanku

Prayer
Tuhan, aku mau jadi orang benar yang mulutnya mengeluarkan hikmat. Pimpin lidahku dalam berkata-kata ya TUHAN. Amin.

Mazmur 10

Scripture
Mazmur 10:7 (TB)  Mulutnya penuh dengan sumpah serapah, dengan tipu dan penindasan; di lidahnya ada kelaliman dan kejahatan.

Observation
Kalau orang benar mengeluarkan hikmat, di sini dikatakan kalau lidah orang fasik penuh dengan :
👉 sumpah serapah
👉 tipu
👉 penindasan
👉 kelaliman
👉 kejahatan
Aku bergumul masalah 'tipu'  ini, terutama saat berhadapan dengan Sara. Saat menyuapi dia, aku seringkali menipu dia. Sara susah makan, jadi aku membujuknya dengan menipu dia, bilang sekali lagi aja suap atau gak mengajak maij di playground dekat rumah kalau gak makan, dll. Selama ini ada rasa bersalah karena melakukan itu, tapi membela diri dengan berkata kalau gak gini gimana caranya supaya Sara makan. Tapi hari ini diingatkan kalau ini menipu. Gak boleh lagi aku ulangi. Masak sih memberikan makan lebih penting dari hidup benar dan memberi teladan kejujuran buat Sara.

Aplication
✔️ Gak berbohong lagi sama Sara.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena menganggap ringan kebohonganku ke Sara. Aku mau jujur pada Sara ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 10 Januari 2019
-Mega Menulis-

No comments: