Monday, January 28, 2019

Mazmur 26, Amsal 26

Mazmur 26

Scripture      
Mazmur 26:4 (TB)  Aku tidak duduk dengan penipu, dan dengan orang munafik aku tidak bergaul;

Observation
Semakin tua dan sejak berkeluarga, pergaulanku semakin sedikit. Gak bisa sembarangan hang out bareng temen hanya buat nonton atau karaoke, aktif di sosmed dan ngobrol dengan orang-orang yang aku kenal, berjam-jam menelepon dengan teman membicarakan banyak hal yang gak penting. Sekarang di kantorku yang baru, terkadang keinginan untuk keluar bareng temen-temen kantor muncul lagi, tiap hari mereka makan siang bareng dan bisa asyik ngobrol sementara aku pulang ke rumah nyuapin bocah-bocah.

Aplication
✔️ Bersyukur untuk waktu yang terbatas, jadi gak sembarangan menggunakan waktu. Jadi selektif dalam pergaulan.
✔️  Sadar Meg, setiap musim punya keindahannya sendiri. Gak boleh iri dengan mereka yang punya waktu untuk hang out tiap hari. Gak semua orang dapat kesempatan melayani keluarga.

Prayer
Tuhan, terima kasih buat waktu bergaulku yang terbatas, jadi aku gak asal dalam bergaul. Tolong aku untuk jadi berkat dalam kesempatan berinteraksi yang terbatas sekarang. Amin.

Amsal 26

Scripture      
Amsal 26:4-5 (TB)  Jangan menjawab orang bebal menurut kebodohannya, supaya jangan engkau sendiri menjadi sama dengan dia.
Jawablah orang bebal menurut kebodohannya, supaya jangan ia menganggap dirinya bijak.

Observation
Saat berbicara perhatikan siapa lawan bicara kita, sesuaikan isi pembicaraan kita dengan kemampuan lawan bicara memahami apa yang kita bicarakan. Beberapa hari ini aku dan suami bingung bagaimana caranya memberitahu Sara supaya gak membuat adeknya menangis. Terkadang Sara mendorong adeknya, merebut mainannya, menarik rambutnya. Duh. Sudah berkali-kali dikasih tahu supaya gak melakukannya, malah diulang-ulang. Lalu aku dan suami sadar kalau Sara memang masih anak-anak, kami gak boleh  bosan memberi tahu Sara dan instruksi harus jelas, karena Sara masih anak-anak.

Aplication
✔️ Bersabar dan pelan-pelan waktu menasihati Sara.

Prayer
Tuhan, kqmi perlu hikmatMu saat menasihati Sara. Tolong kami untuk berbicara dengan bahasa yang dimengerti Sara. Amin.

Palangka Raya, 26 Januari 2019
-Mega Menulis-

No comments: