Wednesday, January 16, 2019

Mazmur 16, Amsal 16

Mazmur 16

Scripture
Mazmur 16:7 (TB)  Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku.

Observation
Hari ini banyak yang posting #10yearschallenge,  memposting fotonya tahun 2009 dan 2019. Aku bukannya mencari foto 10 tahun lalu, aku malah mengingat yang terjadi 10 tahun belakangan ini dan melihat betapa Tuhan campur tangan dalam setiap keputusan yang aku ambil. Ya! Aku memuji TUHAN karena Dia memimpinku mengambil keputusan dalam berbagai kesempatan, gak terbayangkan kalau aku menuruti kehendakku, mau jadi apa aku sekarang? Sungguh aku harus memuji Tuhan, Dia layak menerima pujian atas segala hal baik yang terjadi dalam hidupku. Aku ada sebagaimana ada aku sekarang karena Dia yang memimpin hidupku.

Aplication
✔️ Aku berdoa mengucap syukur kepada Tuhan merayakan pimpinanNya 10 tahun belakangan ini, betapa banyak yang terjadi. Aku bersyukur mengikuti pimpinanNya.

Prayer
Tuhan, aku bersyukur buat kebaikanMu selama 10 tahun belakangan ini. Aku menyaksikan pimpinan Tuhan dan aku bersyukur tunduk pada Tuhan. Tuhan memberkati luar biasa. Terima kasih Tuhan. Amin.

Amsal 16

Scripture
Amsal 16:23 (TB)  Hati orang bijak menjadikan mulutnya berakal budi, dan menjadikan bibirnya lebih dapat meyakinkan.

Observation
Zaman sekarang, selain omongan dari mulut, aku juga perlu mengendalikan apa yang aku ketik dengan tanganku. Kalau yang aku sampaikan lewat jariku gak benar, gak memberkati, gak berguna, berarti hatiku gak benar. Aku bukan orang bijal karena gak bisa mengendalikan apa yang aku sampaikan lewat medsos atau wa grup/wa personal. Hari ini aku gagal mengendalikan jempolku, aku gak bijak. Seseorang curhat ke aku tentang kejelekan orang lain dan aku menanggapi dengan menceritakan hal jelek tentang orang lain. Harusnya aku hanya menyimak dan gak menambahkan cerita. Duh. Begitu selesai percakapan kami, aku menyesal. Apa gunanya aku melakukan itu coba. Aku jadi memeriksa hatiku, rupanya masih ada kejengkelan juga kepada orang itu sehingga aku malah menceritakan kejelekannya.

Aplication
✔️ Kalau teman bercerita tentang kejelekan orang lain seharusnya aku diam saja. Gak usah menanggapi.
✔️ Aku mengampuni orang tersebut dan gak mau menceritakan lagi kejelekannya.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena gak bijak dengan jempolku. Ampuni aku karena masih menyimpan kejengkelan dengan si M. Aku mau mengampuni dia ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 16 Januari 2019
-Mega Menulis-

No comments: