Wednesday, October 2, 2019

1 Raja-Raja 1-2

1 Raja-Raja 1

Scripture       
1 Raja-raja 1:6 (TB)  Selama hidup Adonia ayahnya belum pernah menegor dia dengan ucapan: "Mengapa engkau berbuat begitu?" Ia pun sangat elok perawakannya dan dia adalah anak pertama sesudah Absalom.

Observation
Astaga! Daud gak pernah menegur Adonia. Kok bisa ya? Padahal sebagai orang tua, Ddud berhak menegur anaknya. Aku teringat kemarin ada orang tua datang tergopoh-gopoh ke kantor karena melihat di IG ada berita penangkapan anaknya yang memakai narkoba, beberapa hari gak pulang ternyata dia ditangkap. Aku bilang ke bosku, "Kasihan ya orang tuanya". Lalu bosku bilang, "Selama ini dia care gak sama anaknya, kok sampai ga tahu anaknya kayak gitu". Deg. Jadi kaget. Kalau seorang anak berbuat kesalahan, ada peran orang tua di situ. Orang tua punya kewajiban menegur dan memperhatikan anaknya. Mendiamkan anak bukan solusi.

Aplication
✔ Aku harus menegur anak saat diperlukan, jangan mengabaikan dan membiarkan kalau ada kelakuan anak yang gak benar.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk gak bosan menegur anak-anakku dengan kasih. Amin.

1 Raja-Raja 2

Scripture       
1 Raja-raja 2:7-8 (TB)  Tetapi kepada anak-anak Barzilai, orang Gilead itu, haruslah kautunjukkan kemurahan hati. Biarlah mereka termasuk golongan yang mendapat makanan dari mejamu, sebab mereka pun menunjukkan kesetiaannya dengan menyambut aku pada waktu aku melarikan diri dari depan kakakmu Absalom. 
Juga masih ada padamu Simei bin Gera, orang Benyamin, dari Bahurim. Dialah yang mengutuki aku dengan kutuk yang kejam pada waktu aku pergi ke Mahanaim, tetapi kemudian ia datang menyongsong aku di sungai Yordan dan aku telah bersumpah kepadanya demi TUHAN: Takkan kubunuh engkau dengan pedang!  

Observation
Ternyata Daud mengingat orang-orang yang berbuat baik dan jahat ke dia. Daud nih manusiawi banget lo ternyata. Daud manusia sama seperti aku, Daud bisa jatuh ke dalam dosa, Daud melakukan kesalahan-kesalahan dalam hidupnya. Kekuatan Daud adalah hubungan pribadinya yang dekat sama Tuhan. Hampir dalam segala situasi, Daud berusaha terbuka di hadapan Tuhan.

Aplication
✔ Aku gak boleh mengabaikan hubungan pribadi dengan Tuhan, harus tetap jadi prioritas.

Palangka Raya, 1 Oktober 2019
-Mega Menulis-

No comments: