Thursday, October 31, 2019

Titus 2-3


Titus 2

Scripture       
Titus 2:4-5 (TB)  dan dengan demikian mendidik perempuan-perempuan muda mengasihi suami dan anak-anaknya, 
hidup bijaksana dan suci, rajin mengatur rumah tangganya, baik hati dan taat kepada suaminya, agar firman Allah jangan dihujat orang.

Observation
Sebagai perempuan yang baru menikah 4 tahun, aku punya kewajiban :
- mengasihi suami dan anak
- hidup bijaksana dan suci
- rajin mengatur rumah tangga
- baik hati dan taat kepada suami
Awalnya aku gak ngeh, kenapa sih disebut kewajiban. Tapi 4 hal di atas gak secara alami dilakukan para istri, sampai sekarang aku juga masih bergumul. Perlu latihan dan disiplin melakukannya sehingga jadi kebiasaan. Ya iya lah, sebelum nikah lebih banyak mikirin diri sendiri tiba-tiba harus  bertanggung jawab akan banyak hal baru.

Aplication
✔ Aku harus belajar menempatkan kepentingan suami dan anak dibandingkan kepentingan sendiri.
✔ Selama ini kalau menganggap diri benar, jadi ngotot sama suami, harus terus berusaha menyampaikan pendapat dengan manis dan menyenangkan. Gak usah meributkan hal kecil dan berusaha memahami suami.
✔ Tetap rajin di rumah dan gak kedistract sama hal-hal gak penting. Punya prioritas Meg!

Prayer
Tuhan, tolong aku dalam menjalankan kewajibanku sebagai perempuan muda sampai ini menjadi kebiasaan dan gaya hidup. Amin.

Titus 3

Scripture       
Titus 3:2 (TB)  Janganlah mereka memfitnah, janganlah mereka bertengkar, hendaklah mereka selalu ramah dan bersikap lemah lembut terhadap semua orang.

Observation
Aku ngerasa bukan orang yang lemah lembut terhadap semua orang. Dengan orang-orang tertentu aku merasa gagal bersikap lemah lembut, apalagi saat aku melihat hidupnya gak benar. Jadi bawaannya pengen nyinyir,berpikiran negatif dan cenderung menghakimi. Lemah lembut bukan hanya bicara tentang bagaimana aku memperlakukan seseorang tapi juga sikap hatiku.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk mengasihi orang-orang tertentu saat ini. Mampukan aku lemah lembut dalam menghadapi mereka. Amin.

Palangka Raya, 31 Oktober 2019
-Mega Menulis-

No comments: