Wednesday, October 2, 2019

1 Raja-Raja 3-4

1 Raja-Raja 3

Scripture       
1 Raja-Raja 3:28 (TB)  Ketika seluruh orang Israel mendengar keputusan hukum yang diberikan raja, maka takutlah mereka kepada raja, sebab mereka melihat, bahwa hikmat dari pada Allah ada dalam hatinya untuk melakukan keadilan.

Observation
Hikmat Allah yang memampukan Salomo berlaku adil dan ini menjadi kesaksian bagi seluruh orang Israel. Aku juga telah menerima hikmat Allah dalam hidupku melalui firman yang aku baca. Pertanyaannya, apakah hidupku telah menjadi kesaksian sebagaimana Salomo dengan hikmatnya? Aku hanya bisa menjadi kesaksian kalau aku melakukan firman Tuhan. Menerima hikmat dan melakukannya. Tahu dan melakukan.

Aplication
- Sedang jengkel dengan suami karena sesuatu. Pengen banget membalas dan bersikap kasar untuk menunjukkan aku gak terima. Tapi di sisi lain sadar kalau aku gak akan menyaksikan hikmat Allah nyata bekerja saat aku memilih bersikap kasar. Aku harus belajar tetap lemah lembut dan mengasihi suami.

Prayer
Tuhan, tolong aku, mampukan aku untuk menjadi bijak dalam segala situasi. Amin.

1 Raja-Raja 4

Scripture       
1 Raja-raja 4:34 (TB)  Maka datanglah orang dari segala bangsa mendengarkan hikmat Salomo, dan ia menerima upeti dari semua raja-raja di bumi, yang telah mendengar tentang hikmatnya itu.

Observation
Hikmat Salomo menarik orang dari segala bangsa untuk mendengarkan dia,bukan sekedar posisinya sebagai raja. Seseorang bisa saja memiliki posisi atau kedudukan yang tinggi tapi orang lain tidak sungguh mendengarkan dia. Orang tertarik pada orang yang bijaksana, tulisannya, pemikirannya, keputusan yamg diambilnya, dll. Karena ada hikmat di sana. Dan permulaan hikmat yang dimiliki Salomo adalah takut akan Allah.

Aplication
✔ Jadi perenunganku:Apakah dalam segala yang aku lakukan, katakan dan tuliskan ada hikmat Allah? Aku gak boleh bersandar pada pengertianku sendiri lagi, tapi tanya dan lakukan yang Tuhan mau.

Prayer
Tuhan, aku mau mempercayai Engkau dan gak bersandar kepada pengertianku sendiri lagi. Tolong aku yang lemah ini. Amin.

Palangka Raya, 2 Oktober 2019
-Mega Menulis-

No comments: