Friday, October 18, 2019

2 Raja-Raja 13-14

2 Raja-raja 13

Scripture
2 Raja-raja 13:11 (TB)  Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. Ia tidak menjauh dari segala dosa yang disuruh Yerobeam bin Nebat dilakukan orang Israel, tetapi terus hidup dalam dosa itu.

Observation
Dosa yang dilakukan Yerobeam mempengaruhi entah sampai berapa generasi. Mengerikan sekali. Akibat dosa bukan hanya bagi diri sendiri, tapi juga orang lain. Bukan hanya berakibat seketika tapi berpuluh tahun kemudian akibatnya masih ada.

Reminder buatku, melakukan  yang benar maka dampaknya bagi anak cucu dan entah keturunan ke berapa. Aku mau melakukan yang benar meskipun sulit.

Aplication
✔ Pagi tadi aku kesal banget dengan suami yang membentakku di depan anak-anak, memang aku melakukan kesalahan tapi rasanya gak terima jadi sudah pengen balas dengan perkataan yang juga kasar. Puji Tuhan, aku berhasil menahan mulutku dan diam. Hari ini mau ngomong lagi dengan suami tanpa emosi.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk melakukan yang benar dan gak berbuat dosa karena efeknya juga bagi anak cucuku. Amin.

2 Raja-Raja 14

Scripture       
2 Raja-raja 14:24 (TB)  Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. Ia tidak menjauh dari segala dosa Yerobeam bin Nebat, yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula. 

Observation
Banyak sekali orang yang terinspirasi melakukan dosa karena Yerobeam. Dipikir-pikir, posisinya sebagai seorang raja adalah posisi yang prospeknya paling besar saat itu mempengaruhi orang lain. Setiap kebijakan, keputusan, dan apa yang dilakukannya berdampak lebih besar dari yang disadarinya. Posisi dan perannya membuat dia bersentuhan dengan hidup orang lain, langsung maupun gak langsung.

Aplication
✔ Aku juga memiliki berbagai peran dan posisi dalam hidup yang mempengaruhi banyak orang.
Istri - suami
Mama - anak-anakku
Anak - mamaku
Warga masyarakat - tetangga
Anggota gereja - jemaat lain
Pekerja - rekan kerja lain
dll
Aku punya potensi mempengaruhi kehidupan banyak orang, jadi aku harus selalu melakukan yang benar.


Palangka Raya, 18 Oktober 2019
-Mega Menulis-

No comments: