Wednesday, October 16, 2019

2 Raja-Raja 5-6

2 Raja-raja 5

Scripture       
2 Raja-raja 5:13 (TB)  Tetapi pegawai-pegawainya datang mendekat serta berkata kepadanya: "Bapak, seandainya nabi itu menyuruh perkara yang sukar kepadamu, bukankah bapak akan melakukannya? Apalagi sekarang, ia hanya berkata kepadamu: Mandilah dan engkau akan menjadi tahir." 

Observation
Baca bagian ini aku teringat Amsal 3:5 (TB)  Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

Naaman berpikir dia siap melakukan hal-hal yang sulit untuk kesembuhannya. Dia mungkin berpikir perkara yang sulit baginya untuk sembuh sehingga dia akan melakukan apa saja. Tapi begitu Elisa menyuruhnya melakukan hal yang mudah, Naaman kehilangan kepercayaannya kepada Nabi Israel. Naaman menginginkan hal yang sulit dan besar untuk kesembuhannya sehingga dia menganggap remeh apa yang dikatakan Elisa, masa sih dia akan sembuh dengan mandi doang. Padahal, apa yang dipikirkan Allah berbeda dengan yang dipikirkan manusia. Apa yang sulit bagi manusia, adalah perkara mudah bagi Tuhan.

Aplication
✔ Aku gak boleh bersandar kepada pengertianku sendiri,harus belajar rendah hati dan taat pada setiap firman Tuhan. Gak boleh meremehkan firman Tuhan. Firman Tuhan berkuasa menyembuhkan saat aku taat.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menghargai firman Tuhan dan taat dalam segala perkara. Amin.

2 Raja-raja 6

Scripture       
2 Raja-raja 6:16 (TB)  Jawabnya: "Jangan takut, sebab lebih banyak yang menyertai kita dari pada yang menyertai mereka." 

Observation
Ada yang menjaga dan menyertai Elisa walaupun orang gak melihat. Elisa tahu dan gak melupakan penyertaan Tuhan. Kebalikan aku dong, kadang ada masalah, takut duluan, kuatir duluan. Aku takut pada yang terlihat. Padahal Tuhan selalu menyertai. Aku gak perlu takut dan gentar. Saat ada masalah dalam hidupku, aku perlu menyadari dan mengingatkan diriku, ada kuasa yang lebih besar dari masalahku.

Aplication
✔ Aku gak boleh melupakan penyertaan Tuhan dalam hidupku.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk selalu ingat kalau Kau sertaku. Amin.

Palangka Raya, 14 Oktober 2019
-Mega Menulis-

No comments: