Wednesday, October 2, 2019

2 Samuel 1

2 Samuel 1

Scripture       
2 Samuel 2:7 (FAYH)  Sekarang kuatkan hatimu dan jadilah pahlawan-pahlawan yang gagah berani meskipun Saul, tuanmu, telah meninggal. Kaum Yehuda telah mengurapi aku sebagai raja mereka yang baru. "

Observation
Tanpa raja dan pemimpin, Israel mengalami duka. Daud memahami perasaan itu. Bukannya mengambil kesempatan dengan menyerang Israel dan menyatakan kekuatannya, Daud malahan menghibur mereka melalui orang yang dikirimnya. Daud malahan menguatkan hati mereka. Dan Daud berhasil. Gak lama setelahnya, mereka mengangkat anak Saul menjadi raja.

Aku diingatkan untuk menghibur dan menguatkan mereka yang berduka, gak boleh apatis. Terkadang karena gak tahu harus berkata apa, aku cuma mendengarkan. Daud punya hubungan yang intim dengan Tuhan, sehingga tahu kalau yang dapat menguatkan hati mereka yang berduka hanyalah Tuhan, dan Daud mengingatkan mereka yang ditinggalkan Saul akan hal itu. Demikianlah seharusnya, Tuhan yang menghibur dan beri kekuatan mereka yang berduka, aku hanya alatNya Tuhan.

Aplication
✔ Sewaktu ada yang butuh penghiburan, aku perlu mengingat kalau sesungguhnya hanya Tuhan yang mampu menguatkan hati seseorang. Jika Tuhan berkenan, aku mau dipakaiNya sebagai alatNya menghibur mereka yang berduka.

Prayer
Tuhan, aku mau Tuhan pakai lebih lagi untuk menguatkan hati orang lain. Jangan biarkan aku bersikap cuek pada penderitaan orang lain Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 17 September 2019
-Mega Menulis-

No comments: