Tuesday, May 18, 2021

1 Korintus 10, Amsal 21

1 Korintus 10

Scripture
1 Korintus 10:31 (TB)  Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.

Observation & Aplication 
Melakukan segalanya untuk kemuliaan Allah, bahkan makan dan minum. Bagaimana maksudnya? 
1. Perhatikan motivasiku melakukan sesuatu, apakah untuk menyenangkan Tuhan atau sekedar memenuhi nafsuku?
2. Apakah yang kulakukan berkenan kepada Tuhan atau nggak, ini dosa atau nggak.
3. Apakah yang kulakukan membuat orang lain memuji Tuhan atau jangan-jangan malah mempermalukan Tuhan?
Pada akhirnya kepentingan Tuhan yang utama, bukan kehendakku. 

Prayer
Tuhan, tolong aku melakukan segala sesuatu untuk kemuliaanMu, bahkan hembusan nafas hidupku bagi Tuhan saja. Amin.

Amsal 21

Scripture
Amsal 21:2 (TB)  Setiap jalan orang adalah lurus menurut pandangannya sendiri, tetapi TUHANlah yang menguji hati. 

Observation
Aku pernah berdebat dengan seseorang tentang suatu perkara. Sampai sekarang tidak ada kejelasan karena setiap orang punya dasar pemikiran yang berbeda. Benar banget sih ayat ini, setiap orang merasa dirinya memilih jalan yang benar. Tinggal kejujuran dan berespon yang benar saja waktu kita tanya ke Tuhan. Perlu kerendahan hati untuk menerima perkataan Tuhan dan gak membenarkan diri sendiri.

Aplication
Setiap ada perkara di hatiku, aku mau tanya Tuhan dan berlari pada firmanNya. Aku mau belajar mendengar suara Tuhan dibandingkan diriku sendiri.

Prayer
Tuhan, aku membawa perkara yang ada di hatiku saat ini. Tolong ya Tuhan, jangan biarkan aku bersandar kepada pemikiranku sendiri. Ujilah hatiku ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
17 Mei 2021

1. Bersyukur pagi-pagi bisa jalan bareng bocah-bocah dan makan buah cemot dan murbei.
2. Bersyukur siang makan bareng di tempat mamaku.
3. Bersyukur dapat blessing jeruk dari temanku.
4. Bersyukur proses lahiran istrinya temanku lancar.
5. Bersyukur bisa persiapan untuk wawancara calon enumerator dan kirim email untuk mereka.

Palangka Raya, 17 Mei 2021
-Mega Menulis-

No comments: