Saturday, May 22, 2021

1 Korintus 13, Amsal 21

1 Korintus 13

Scripture
1 Korintus 13:13 (TB)  Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

Observation
Yang paling besar adalah kasih. Jadi kasihlah yang seharusnya menggerakkanku melakukan sesuatu. 

Aplication 
Jadi saat aku melakukan sesuatu, aku perlu bertanya ke diriku sendiri :
- Apakah aku melakukannya karena kasih?
- Apakah ini membuatku semakin mengasihi?

Prayer
Tuhan, biarkah kasih yang menjadi alasan dan tujuanku melakukan sesuatu. Amin.

Amsal 21

Scripture
Amsal 21:19 (TB)  Lebih baik tinggal di padang gurun dari pada tinggal dengan perempuan yang suka bertengkar dan pemarah. 

Observation
Kemampuan berkomunikasi dan mengendalikan diri sangat penting di dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, saat aku gak sependapat dengan orang lain, aku tetap bisa menyampaikan maksudku dengan baik. Terkadang cara komunikasi yang salah membuat orang mengira kita marah atau ingin bertengkar. Ini bisa memacu respon negatif. Saat tidak bisa mengendalikan diri maka kita pun terpancing dan masalah semakin membesar.

Aplication
Saat ada masalah tetap berkepala dingin, sehingga saat berkomunikasi tidak terbawa emosi.

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku menjadi perempuan pemarah yang suka bertengkar. Mampukan aku menyampaikan isi hatiku dengan cara yang benar. Amin.
Gratitude Journal
20 Mei 2021

1. Bersyukur kegiatan turnamen tenis meja di kantor berjalan lancar.
2. Bersyukur bisa jalan pagi walaupun sebentar.
3. Bersyukur kegiatan wawancara enumerator hari ini berjalan lancar dan ada teman yang bersedia membantu menjadi host.
4. Sara dan Sofia hari ini panas dan mencret, bersyukur sore mendingan panasnya dan mereka masih mau makan. Jadi, biarpun sakit mereka gak lemas. 
5. Bersyukur hari ini Omku berumur 50 tahun dan bisa merayakan bersama ulang tahunnya.

Palangka Raya, 20 Mei 2021
-Mega Menulis-

No comments: