Monday, May 3, 2021

2 Tesalonika 1, Amsal 19

2 Tesalonika 1

Scripture
2 Tesalonika 1:3 (TB)  Kami wajib selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara. Dan memang patutlah demikian, karena imanmu makin bertambah dan kasihmu seorang akan yang lain makin kuat di antara kamu,

2 Tesalonika 1:3 (FAYH)  Saudara sekalian yang saya kasihi, kami patut mengucap syukur kepada Allah karena Saudara—bahkan kami wajib berbuat demikian, karena iman Saudara tumbuh dengan sangat mengherankan, dan kasih Saudara seorang kepada yang lain makin besar.

Observation 
Patut dan wajib, dua terjemahan menggunakan kata yang berbeda maknanya. Awalnya aku bingung kok bisa mengucap syukur menjadi satu kewajiban? Seperti dipaksakan.Penggunaan kata patut terasa lebih halus. Tapi dipikir-pikir maknanya mirip. 

wa·jib v 1 harus dilakukan; tidak boleh tidak dilaksanakan (ditinggalkan): seorang muslim -- salat lima kali dalam sehari semalam; 2 sudah semestinya; harus: kalau kita ingin berhasil dalam usaha, kita -- berikhtiar;

pa·tut a 1 baik; layak; pantas; senonoh: perbuatan baik itu -- dipuji; tidak -- seorang anak melawan orang tua; diperlakukan dengan --; 2 sesuai benar (dengan); sepadan (dengan); seimbang (dengan): rumahnya kurang -- dengan jabatannya yang tinggi itu; 3 masuk akal; wajar: pada hemat saya tuntutan mereka itu tidak boleh dikatakan tidak --; 4 sudah seharusnya (sepantasnya, selayaknya): orang yang berjasa kepada negara -- diberi penghargaan; penjahat itu -- dihukum seumur hidup; 5 tentu saja; sebenarnya: -- ia tidak sanggup membayar utang karena uangnya sudah habis;

Berarti mengucap syukur itu:
1.harus dilakukan; tidak boleh tidak dilaksanakan
Mengucap syukur beberapa kali dikatakan di dalam firman Tuhan. Sayangnya aku melewatkannya karena berpikir, emang kenapa kalau gak mengucap syukur. Toh gak dosa kan? Balik lagi ke definisi dosa apa kan ya. Tapi kalau aku menyadari dan ingat ini perintah Tuhan, apakah aku akan melewatkannya?

2.sudah seharusnya (sepantasnya, selayaknya)
Kenapa sudah seharusnya? Karena segala sesuatu yang baik yang terjadi di hidupku adalah karua Tuhan semata. Bukan hasil pekerjaanku. Ini berarti memang aku harus bersyukur kepada Dia yang membuatnya terjadi. 

Aplication 
Aku mau bersyukur setiap waktu, biar hidupku dipenuhi ucapan syukur kepada Tuhan. 

Prayer 
Tuhan aku mau bersyukur kepadaMu setiap waktu. Amin.

Amsal 19

Scripture 
Amsal 19:18 (FAYH)  Didiklah anakmu sejak masa kecilnya sementara ada harapan. Kalau tidak, engkau akan merusak hidupnya.

Amsal 19:18 (TB)  Hajarlah anakmu selama ada harapan, tetapi jangan engkau menginginkan kematiannya. 

Observation
Terkadang untuk beberapa hal aku ada pemikiran, "Ah, nanti anak mengerti saja kok hal ini.Gak perlu lah diajarkan hal ini. Bisa aja lah sendiri nanti". Ayat ini mengingatkanku supaya gak malas mendidik atau melatih anak mengerjakan sesuatu. 

Seringkali capeknya karena waktu melatih anak melakukan sesuatu malahan jadi ekstra capeknya karena harus memperbaiki pekerjaan anak yang belum sempurna. Ibaratnya mengerjakan sendiri aja sudah capek, lah ini ditambah mengajari anak (berulang kali) dan menyempurnakan pekerjaan mereka. Ngebayangin aja dah capek. Tapi memang begitu lah, perlu proses, gak mungkin langsung sempurna, namanya anak bari belajar dan belum terlatih. Aku sebagai mama juga perlu mendidik diri sendiri untuk sabar dan gak hanya ingin hasil instant. Raising children is raising ourselves. Kalau saat ini aku gak mau bekerja keras mendisiplin anak-anakku, di masa depan hari-hariku akan dipenuhi dengan penderitaan.

Aplication
Aku harus mula semangat lagi melatih anak-anak, terutama untuk chores di rumah. Expect less, stimulate more. Mulai buat daftar, chores apa yang mulai bisa aku latihkan ke mereka dan ajak mereka melakukannya. 

Prayer 
Tuhan berikan kesabaran ke aku dan suami untuk melatih anak-anak kami. Amin.
Gratitude Journal
3 Mei 2021

1. Bersyukur hari ini tahu nama bunga liar di jalan. Lucu juga, baru tahu sekarang namanya. Bersyukur bisa petik murbei lagi.
2. Bersyukur bisa menyelesaikan input aplikasi monevgar.
3. Bersyukur hari ini THR cair dan dapat blessing dari sepupuku. 
4. Bersyukur hari ini nyobain tempat makan baru yang lumayan. 
5. Bersyukur dapat e-book yang aku pengen dari adekku. 
6. Bersyukur urusan KGB lancar.

Palangka Raya, 3 Mei 2021
-Mega Menulis-

No comments: