Monday, March 1, 2021

Lukas 17, Amsal 9

Lukas 17

Scripture
Lukas 17:17-18 (TB)  Lalu Yesus berkata: "Bukankah kesepuluh orang tadi semuanya telah menjadi tahir? Di manakah yang sembilan orang itu?
Tidak adakah di antara mereka yang kembali untuk memuliakan Allah selain dari pada orang asing ini?"

Observation
Sepuluh orang kusta meminta belas kasihan Yesus, semuanya ssmbuh, tapi hanya satu yang bersyukur dan memuliakan Tuhan. Mudah untuk meminta tetapi kadang saat seseorang mendapatkan apa yang dia inginkan, dia lupa bersyukur. Mengapa seseorang lupa bersyukur? Karena dia menganggap dia layak menerima apa yang ada padanya. Dia tidak menerima pemberian Allah sebagai anugerah yang perlu disyukuri. 

Aplication
Saat Tuhan jawab doaku aku mau bersyukur dan memuliakan Dia.

Prayer
Tuhan, tolong aku memuliakan Engkau hari ini, karena begitu banyak pemberianMu. Tunjukkan aku bagaimama Engkau paling dimuliakan dan mampukan aku melakukannya. Amin.

Scripture
Amsal 9:13 (TB)  Perempuan bebal cerewet, sangat tidak berpengalaman ia, dan tidak tahu malu. 

Observation & Aplication 
Perempuan bebal cerewet berbicara hal yang sia-sia, mengomel tiada henti, membicarakan banyak hal berulang kali seperti kaset rusak. Bagaimana supaya aku gak jadi perempuan bebal cerewet? 
- Isi hati dengan firman supaya itu yang keluar dari mulutku. 
- Jangan asal ngomong, setiap perkataan yang dlakan dikeluarkan, pikirkan akibatnya. 
- Kalau sekiranya yang aku katakan gak membuat yang mendengarnya beroleh kasih karunia, lebih baik aku diam. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya berbicara seperlunya dan gak berkata-kata yang tak berguna. Amin.
Gratitude Journal
23 Februari 2021

1. Bersyukur saat jalan pagi aku menemukan HP dan gak mengambilnya menjadi milikku. Sempat tergoda untuk meresetnya, lumayan buat main bocah pikirku. Tapi bersyukur aku gak melakukannya dan HP itu sudah kembali ke pemiliknya.
2. Bersyukur berjalan pagi ini membuatku makin mengasihi diri sendiri.
3. Bersyukur walaupun banyak pekerjaan, aku tetap tenang dan bisa mengerjakannya sesuai prioritas.
4. Bersyukur tinggal beberapa berkas audit yang belum lengkap.
5. Bersyukur biarpun sore gak jadi main ke tempat mama karena hujan, anak-anakku gak terlalu kecewa.
6. Bersyukur melihat kelucuan dan cara anak-anak berkomunikasi satu sama lain.

Palangka Raya, 23 Februari 2021
-Mega Menulis-

No comments: