Sunday, March 28, 2021

Yohanes 18, Amsal 13

Yohanes 18

Scripture
Yohanes 18:40 (TB)  Mereka berteriak pula: "Jangan Dia, melainkan Barabas!" Barabas adalah seorang penyamun. 

Observation
Orang Yahudi memilih yang jahat dibandingkan yang baik. Dimana-mana dah cacat logika ni, masa penyamun yang dibebaskan. Kebencian telah memenuhi hati mereka sehingga tidak mampu melakukan yang benar. Aku diingatkan untuk menjaga hati dari segala kejahatan supaya tindakanku kemudian benar. Hatiku menentukan tindakanku.

Aplication
Kalau ada kebencian di hatiku, segera bereskan. Jangan biarkan mempengaruhi tindakanku.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya dalam segala keadaan aku senantiasa menjaga hatiku murni di hadapan Tuhan. Amin.

Amsal 13

Scripture
Amsal 13:24 (TB)  Siapa tidak menggunakan tongkat, benci kepada anaknya; tetapi siapa mengasihi anaknya, menghajar dia pada waktunya. 

Observation
Tongkat bukan digunakan untuk memukul saat emosi, tapi di sini lebih dimaksudkan untuk mendidik anak. Anak perlu didisiplin dengan kasih supaya mereka mengerti kalau mereka harus tunduk pada kebenaran dan dididik taat. Jika mereka tidak mau menerima didikan, ada konsekuensi yang harus diterima. Lebih baik orang tua yang menghajar anak, daripada anak menerima konsekuensi yang lebih besar di luaran sana.

Aplication
Aku harus mendisiplin anak dengan tenang, tegas, kalem dan konsisten.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya bisa mendidik anak hidup takut akan Tuhan. Tolong aku menghajar mereka dengan kasih bukan emosi. Amin.
Gratitude Journal
24 Maret 2021

1. Bersyukur kuesioner yang kami buat sudah lumayan banyak respondennya.
2. Bersyukur sore ini bisa mengajak anak-anak berenang lagi.
3. Bersyukur mendapat contact person di Kabupaten untuk permintaan data.
4. Bersyukur dapat blessing bakmi yang enak dari mamaku.
5. Bersyukur bisa posting di blogku secara teratur.

Palangka Raya, 24 Maret 2021
-Mega Menulis-

No comments: