Tuesday, August 21, 2018

Ester 5

Ester 5

Scripture
Ester 5:13 (TB)  Akan tetapi semuanya itu tidak berguna bagiku, selama aku masih melihat si Mordekhai, si Yahudi itu, duduk di pintu gerbang istana raja."

Observation
Haman tampaknya memiliki banyak hal, banyak anak laki-laki (bagi orang zaman dahulu punya anak lelaki adalah hal yang berharga melebihi memiliki anak perempuan), kekayaan, pangkat, kehormatan bahkan dia mendapat kehormatan diundang dalam jamuan yang diselenggarakan ratu baginya dan raja (meskipun dia gak tahu niatan Ester sebenarnya), tapiii.... Dia bilang semuanya gak berarti. Kenapa? Karena kebenciannya pada Mordekhai. Kebencian membuat Haman:
- tidak bisa bersyukur (dia tidak melihat betapa limpah yang dimilikinya)
- tidak bisa berpikir rasional (sebenarnya buat apa sih dia mempermasalahkan seorang Mordekhai?)
- kejam (sampai ingin membunuh satu bangsa)
Kasih lebih besar daripada benci. Jadi, kalau kebencian sanggup melakukan itu maka tentunya kasih lebih besar lagi.

✔️  Aku berkomitmen untuk memilih mengasihi daripada membenci.
✔️ Aku mau menunjukkan kasih Allah dan melakukan tindakan kasih saat aku punya alasan membenci.
✔️ Saat ada konflik dengan seseorang, aku mau memilih untuk mengampuni dan gak membesarkan masalah. Aku memilih minta maaf saat bersalah. Supaya iblis gak beroleh kesempatan.

Prayer
Tuhan, aku memilih mengasihi daripada membenci saat kesal dengan seseorang. Tolong aku melakukannya saat aku merasa gak sanggup. Tuhan yang memampukanku. Amin.

Palangka Raya, 21 Agustus 2018
-Mega Menulis-

No comments: