Thursday, August 5, 2021

Filipi 2, Amsal 29

Filipi 2

Scripture
Filipi 2:4 (TB)  dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.

Observation
Beberapa hari ini aku selalu diingatkan untuk memberi. Dan memang gak mudah memberi di masa ini. Kemarin aku dapat perenungan yang bagus. Untuk memberi perlu kesadaran kalau kita sudah dalam kelimpahan. Ini sulit saat dalam kondisi seperti ini. Mentalitas ini sulit kalau kita tidak yakin kita sudah cukup. Pertama kali : feel abundance dulu. Ada cerita si Buku Chicken Soup yang bagus banget  tentang anak kecil yang merelakan dirinya membeli es krim seharga 35 sen supaya bisa memberi tip 15 sen padahal sebenarnya dia bisa membeli es krim seharga 50 sen sangat menyentuh. Mengingatkanku kalau kita bisa memberi kalau kita mau, memberi bukan bicara tentang kita punya banyak dulu, tapi kita punya hati yang mau berbagi. Kita merasa berlimpah sehingga bisa memberi. Dan ini bukan sekedar materi saja, kita bisa memberi dalam berbagai bentuk. Memberi bukan menyelamatkan orang lain, tapi menyelamatkan diri sendiri. Memberi mengingatkan kita kalau kita sedang dalam kelimpahan. Saat kita meresonansikan kalau kita kekurangan maka semesta akan mengatakan :Ya, kamu kekurangan.

Sebenarnya aku dan suami nyaris bertengkar karena suami ngotot memberi padahal aku mikirnya, lah kita aja keadaan lagi seperti ini. Tapi ternyata ini karena suamiku merasa kami berkelimpahan dan aku merasa kekurangan 😭 Duh, harus cepat ngubah mindset nih.

Aplication
Tiap hari aku mau belajar bertanya: Apa yang bisa kuberikan hari ini? Lalu lakukan!

Prayer
Tuhan, izinkan aku merasakan hidupku berkelimpahan dengan memberi apa yang aku miliki. Amin.

Amsal 29

Scripture
Amsal 29:7 (TB)  Orang benar mengetahui hak orang lemah, tetapi orang fasik tidak mengertinya.

Observation & Aplication 
Perlu hikmat untuk mengetahui hak seseorang yang dititipkan Tuhan melalui kita. Aku diingatkan untuk bertanya pada Tuhan saat memberi.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya tidak menahan kebaikan dari mereka yang berhak menerimanya. Amin.
Gratitude Journal
13 Juli 2021

1. Hari ini eyang meninggalkan kami selamanya. Bersyukur buat penghiburan dari Tuhan yang kami terima melalui banyak orang. 
2. Bersyukur untuk perhatian dari teman-teman dan keluarga kepada mama berupa vitamin, makanan, dll.
3. Bersyukur suamiku yang seharusnya ke Kasongan gak jadi.
4. Bersyukur sempat belanja untuk masak besok.

Palangka Raya, 13 Juli 2021
-Mega Menulis-

No comments: