Sunday, April 11, 2021

Kisah Para Rasul 11, Amsal 15

Kisah Para Rasul 11

Scripture
Kisah Para Rasul 11:28-29 (TB)  Seorang dari mereka yang bernama Agabus bangkit dan oleh kuasa Roh ia mengatakan, bahwa seluruh dunia akan ditimpa bahaya kelaparan yang besar. Hal itu terjadi juga pada zaman Klaudius. 
Lalu murid-murid memutuskan untuk mengumpulkan suatu sumbangan, sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing dan mengirimkannya kepada saudara-saudara yang diam di Yudea.

Observation
Setelah mendengar nubuat, murid-murid melakukan tindakan. Suara Tuhan disampaikan dan mereka berespon, bukan cuma mendengar tapi segera melakukan sesuatu. Ini menunjukkan kalau mereka bersegera berespon pada suara Tuhan dan memiliki kasih pada saudara-saudara mereka. 

Aplication 
Saat aku tahu Tuhan beerbicara padaku melalui firmanNya, aku harus berespon dengan benar. Segera. Jangan sampai aku kehilangan momen untuk meresponi Tuhan.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk berespon seperti yang Tuhan mau saat aku mendengar suaraMu. Amin.

Amsal 15

Scripture
Amsal 15:15 (TB)  Hari orang berkesusahan buruk semuanya, tetapi orang yang gembira hatinya selalu berpesta. 

Observation
Hati kita menentukan respon kita dalam menghadapi segala sesuatu. Saat hati kita tenang, maka badai di sekeliling kita pun tidak dapat merusak hari kita. Makanya firman Tuhan juga berkata tentang menjaga hati.

Semalam aku lembur dan pulang malam, sampai di rumah aku kaget anak-anak belum mandi dan makan. Seketika suasana hatiku langsung memburuk. Anak-anak jadi kena semprot dan ada rasa kesal ke suami. Suasana rumah langsung gak nyaman. Puji Tuhan, gak lama aku sadar dan berusaha membangun mood lagi. Aku bacakan buku cerita dengan mindful ke anak dan mereka senang.

Aplication
Aku harus menjaga hatiku setiap saat dengan segala kewaspadaan, terutama saat capek. Jangan biarkan hariku rusak karena tidak bisa menjaga hati.

Prayer
Tuhan, mampukan aku menjaga hatiku supaya terus memancarkan kehidupan. Amin.
Gratitude Journal
10 April 2021

1. Bersyukur jalan pagi bareng bocah walaupun agak telat.
2. Bersyukur bisa makan mie sagu buatan sendiri.
3. Bersyukur semua paket pesananku sampai.
4. Bersyukur bisa mengikuti e-conference Pearl dan diberkati dengan firman dan sharing di sana.
5. Bersyukur bertahun-tahun melayani di Pearl lewat tulisan, sungguh sukacita dan kehormatan buatku.
6. Bersyukur bisa sepakat dengan suami tentang sesuatu.
7. Bersyukur Sara mau makan apa yang aku masak meskipun aku tahu dia gak terlalu suka.
8. Bersyukur bisa jalan keliling-keliling sore bareng keluarga.

Palangka Raya, 10 April 2021
-Mega Menulis-

No comments: