Friday, April 2, 2021

Yohanes 20, Amsal 14

Amsal 14

Scripture
Amsal 14:29 (TB)  Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan. 

Observation
Menjadi sabar membutuhkan pengertian dan memperbesar pengertian. Dulu aku gak bisa bersabar setiap anak gak mau menurut, tapi sekarang setelah mengerti kekuatan kehendak mereka masih lemah, aku bisa berusaha sedikit lebih sabar. Lalu setelah bersabar, aku makin mengerti kalau anak butuh dibantu, bukan dimarahi. Anak butuh diingatkan, bukan dihukum. Anak butuh dipeluk, bukan diabaikan. Anak butuh diterima setiap emosinya, bukan  ditolak. 

Aplication 
Setiap mau marah ke anak, lebih baik tahan diri paling nggak 90 detik dengan mengucapkan Doa Bapa Kami. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku mengendalikan diriku saat menghadapi anak-anak dan gak menyemburkan kemarahan yang gak perlu. Ajar aku mengasihi mereka lebih lagi. Amin.

Yohanes 20

Scripture
Yohanes 20:27 (TB)  Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah."

Observation
Yesus tahu perkataan Tomas dan mengetahui keraguan Tomas. Yesus gak marah dan mengabaikan Tomas. Ia malah datang dan mengundang Tomas  membuktikan diriNya. Terkadang keraguan hadir dalam hidup orang percaya, tapi Yesus malah membiarkan seseorang bergumul dengan ketidakpercayaan dan Ia datang sebagai jawaban. Tomas bertemu Yesus dan mendapat jawaban atas ketidakpercayaannya,imannya diperkuat. Keraguan bisa saja muncul, tapi saat kita mencari Yesus dan mendapatkanNya, keraguan itu sirna. Kita mencela Tomas yang tidak percaya karena tidak melihat. Padahal ini lebih baik dibandingkan yang melihat namun tidak percaya bukan? 

Aplication
Saat ada hal yang kuragukan, cari Yesus dan imanku akan diperkuat. Saat iman terasa lemah aku mau berlari padaNya.

Prayer
Tuhan, aku percaya Engkau Allah yang menjawab keraguan. Aku mau taruh setiap ketidakpercayaanku di kakimu dan diperteguh. Amin.
Gratitude Journal
29 Maret 2021

1. Bersyukur bocah-bocah bangun pagi dengan senyuman.
2. Bersyukur ke kantor jalan kaki sekarang, dekat aja, cuma 8 menit ternyata sekali jalan.
3. Bersyukur sudah menyelesaikan beberapa surat.
4. Bersyukur hari ini suntik vaksin yang pertama.
5. Bersyukur ada stok vitamin pemberian kawanku.
6. Bersyukur melihat Sara dan Sofia mau makan apa yang kumasak biarpun gak suka. Awalnya memang susah, tapi mereka berusaha menghabiskannya.
7. Bersyukur sukses sangrai kacang mete walaupun agak lama.

Palangka Raya, 29 Maret 2021
-Mega Menulis-

No comments: