Friday, April 16, 2021

Kursus Online Gratis di UNPAR (lagi)

Dua bulan lalu aku pernah posting tentang kursus online yang diadakan oleh Universitas Katolik Parahyangan di sini. Waktu itu akses gratis diberikan ke beberapa kursus sampai akhir bulan Maret 2021. Sedihnya, aku hanya sempat ikut 3 atau 4 kursus. Itu pun beberapa aku ikuti sewaktu hendak habis waktunya. Asli, gak ingat. Hahaha. Ini bukti kalau niat saja tidak cukup, kalau ingin  melakukan sesuatu harus ditentukan waktunya secara detail dan DIMULAI (ini yang terpenting). Kalau sudah memulai, kemungkinan kita menyelesaikan lebih besar dibanding 'cuma' niat. Pengalaman pribadi. Akakakak. Asyik banget sih buatku, belajar hal yang baru dengan biaya minim (modal kuota doang). Walaupun gak dalem banget, paling gak jadi belajar hal baru. Ngasah otak biar gak karatan juga nih, soale setiap materi ada kuis gitu (Berasa kuliah lagi kan ya.LOL). Begitu akses gratis ditutup, pas aku iseng buka lagi di websitenya, ada harganya dong kursus-kursus yang sebelumnya gratis. Aku sedih karena gak bisa akses gratis lagi tapi juga senang sempat nyicipin kursus secara gratis.Bye-bye Unparplus.id


Eh, beberapa hari kemudian aku dapat email dari Unparplus.id yang mengabarkan kalau mereka membuka akses gratis lagi ke beberapa kursus mereka. Langsung aja aku cus ke website mereka dan menemukan ini:


Sampai Juni bo! Bagaimana mungkin aku tidak bahagia? 
Puji Tuhan! Terima kasih UNPARPLUS.ID

Ada kesempatan belajar hal baru lagi. Hohohoho. Langsung aku kabarin ke suamiku, karena kami sama-sama suka akses di sini. Yay! Mulai deh kami bisa kursus online gratis lagi. Hohohoho. Belajar hal yang baru sangat menarik bukan? Nih beberapa kursus yang tersedia, ada yang free dan ada yang berbayar. Nah yang bertanda hitam di bawahnya itu yang sudah pernah kita ikuti dan selesaikan.




Mulailah aku menyediakan waktu dan membuka kursus yang gratis dan menarik buatku. Bagian gratisnya dicetak tebal. Penting itu. Hahahaha. Maklum emak-emak, hobinya gratisan. Well, sebenarnya ikut kursus yang berbayar lebih menjaga komitmen kita sih kalau kita susah berkomitmen. Karena ngerasa udah berbayar kan jadi sayang tuh kalau ninggalkan di tengah jalan. Beda dengan yang gratis, kalau belum selesai, tanpa pikir enak aja kan berhenti? Mengikuti kursus berbayar memaksa kita berkomitmen. Tapi dipikir-pikir lagi, karena aku cukup berkomitmen dan selalu berusaha menyelesaikan yang aku mulai, jadi aku ikut yang gratisan aja deh dulu. PLAK! Intinya tetap ya, aku cari yang gratisan. 

Ini beberapa kursus yang sudah aku ikuti dan selesaikan. Sengaja dibuat folder untuk menyimpan materi yang bisa didwonload dan menyimpan sertifikatnya. Kadang kalau malas, lihat ginian bikin semangat lo. 


Buat teman-teman yang ingin belajar hal baru. Yuk cus ke sini.


Palangka Raya, 15 April 2021
-Mega Menulis-

No comments: