Tuesday, April 20, 2021

Yakobus 3, Amsal 16

Yakobus 3

Scripture
Yakobus 3:8 (TB)  tetapi tidak seorang pun yang berkuasa menjinakkan lidah; ia adalah sesuatu yang buas, yang tak terkuasai, dan penuh racun yang mematikan.

Observation
Membaca ayat ini awalnya aku merasa hopeless. Oh, berarti memang lidah gak bisa kita kendalikan. Kemampuan merusaknya sangat besar dan seolah-olah kita gak bisa berbuat apa-apa. Lalu aku ingat, gak ada yang mustahil bagi Tuhan. Jadi, hanya Dia yang mampu menjinakkan lidahku. Hanya Tuhan yang memampukan lidahku menjadi sumber berkat. Kalau aku ingin lidahku bisa dikendalikan, serahkan ke Tuhan. 

Aplication 
Percaya kepada Tuhan dan jangan mengandalkan kekuatan sendiri untuk mengendalikan lidah. 

Prayer 
Tuhan, aku menyerahkan lidah bibirku supaya Tuhan yang kendalikan. Hanya Engkau yang sanggup. Dengan kekuatanju sendiri aku selalu gagal. Tolong aku yang lemah ini Tuhan. Amin.

Amsal 16

Scripture
Amsal 16:21, 24 (TB)  Orang yang bijak hati disebut berpengertian, dan berbicara manis lebih dapat meyakinkan. 
Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang. 

Observation & Aplication 
Sudah dua hari ini aku terus diingatkan tentang berbicara lebih manis. Kalau ketemu yang bertentangan di hati kadang pengen merepet dan ngomel. Tapi berbicara manis lebih meyakinkan kok. Jangan lupakan itu Meg!

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku cerewet dan berkata-kata yang gak membangun. Tolonglah aku berbicara dengan manis. Amin.
Gratitude Journal
16 April 2021

1. Bersyukur pagi bisa jalan berdua suami doang gara-gara bocah dibangunin gak mau jalan.
2. Bersyukur bisa belanja sayur.
3. Bersyukur dapat blessing abon dan pilus keju dari teman kantor.
4. Bersyukur bisa vaksin kedua hari ini.
5. Bersyukur ga ada reaksi apa-apa sehabis vaksin kedua.

Palangka Raya, 16 April 2021
-Mega Menulis-

No comments: