Friday, April 9, 2021

Kisah Para Rasul 9, Amsal 15

Amsal 15

Scripture
Amsal 15:4 (TB)  Lidah lembut adalah pohon kehidupan, tetapi lidah curang melukai hati. 

Observation
Siapa yang gak senang ada kedamaian di rumah? Belakangan ini kami serumah mulai berlatih untuk berbicara lembut. Kepada anak-anak kami bilang, mulai sekarang kalau bicara harus sopan tanpa nada tinggi, teriakan dan tangisan. Kalau merengek atau gak sopan, jangan harap diladeni. Saya dan papanya juga minta tolong diingatkan kalau kami berbicara keras (membentak). Lumayan sekarang, suasana di rumah gak seheboh dulu. Berbicara lembut memang susah kalau gak dibiasakan, terkadang tergoda deh untuk cerewet waktu anak gak mau dengar. Tapi kami mau memberi contoh dan beriman kalau anak bisa juga kok gak rusuh sepanjang hari.

Aplication
Aku mau kalem, tenang, tegas dan konsisten apapun yang dilakukan anak.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya bisa mengendalikan lidahku setiap hari. Waktu aku gagal, tolong aku untuk bangkit lagi. Amin.

Kisah Para Rasul 9

Scripture
Kisah Para Rasul 9:21 (TB)  Semua orang yang mendengar hal itu heran dan berkata: "Bukankah dia ini yang di Yerusalem mau membinasakan barangsiapa yang memanggil nama Yesus ini? Dan bukankah ia datang ke sini dengan maksud untuk menangkap dan membawa mereka ke hadapan imam-imam kepala?" 

Observation
Hidup Saulus berubah 100% dan membuat orang lain terheran-heran. Tuhan melakukan hal ajaib dan hati Saulus berubah. Kalau dipikir proses perubahan Saulus sangat cepat. Tuhan bekerja luar biasa di hatinya.

Aplication
Tuhan sanggup mengubah hati seseorang, jadi kalau aku merasa gak bisa berubah,tetap tekun berdoa dan nantikan Tuhan bekerja. Kalau ada seseorang yang perlu mengalami perjumlaan dengan Tuhan. Doakan. 

Prayer
Tuhan, aku percaya Engkau sanggup mengubah hati siapapun yang Tuhan mau. Tolong aku Tuhan, kalau ada yang gak berkenan di hidupku, Tuhan campur tangan dan bereskan. Amin.
Gratitude Journal
8 April 2021

1. Bersyukur hari ini banyak jalan, 11.000 langkah. Yay.
2. Bersyukur bisa mengakses kursus gratis lagi di Unparplus.id.
3. Bersyukur rapat dapat kotakan kue yang disukai anak-anak.
4. Bersyukur rute jalan sore kami hari ini melewati penjual buah, pas banget buah di rumah habis.
5. Bersyukur bisa mengatur jadwal postingan di blog.
6. Bersyukur kulzoom hari ini berefleksi dan dapat banyak hal.

Palangka Raya, 8 April 2021
-Mega Menulis-

No comments: